PENINGKATAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MENGGUNAKAN MODEL MARRY GO ROUND BERBANTU GAME KERETA MANUSIA BUTA DI KELAS V SD NEGERI PASIR WETAN

WARDANI, NURDIKARI ANINTYA (2017) PENINGKATAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MENGGUNAKAN MODEL MARRY GO ROUND BERBANTU GAME KERETA MANUSIA BUTA DI KELAS V SD NEGERI PASIR WETAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NURDIKARI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NURDIKARI BAB I.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NURDIKARi BAB II.pdf

Download (877kB) | Preview
[img] Text
NURDIKARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
NURDIKARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
NURDIKARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img]
Preview
Text
NURDIKARI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
NURDIKARI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian di SD Negeri Pasir Wetan dilatarbelakangi oleh rendahnya kerjasama dan prestasi belajar peserta didik di kelas V pada materi peristiwa sekitar proklamasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar peserta didik pada materi peristiwa sekitar proklamasi melalui model pembelajaran Marry Go Round berbantu game kereta manusia buta. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Pasir Wetan yang berjumlah 35 peserta didik yang terdiri dari 17 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindaka Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data kemampuan kerjasama peserta didik diperoleh dari angket yang diberikan pada setiap akhir siklus dan data prestasi belajar peserta didik diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh nilai rata-rata angket kerjasama peserta didik pada siklus I sebesar 2,90 meningkat pada siklus II sebesar 3,56 . Prestasi belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 62,14 dengan ketuntasan 54,28%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 83,71 dengan ketuntasan 94,28%. dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe Marry Go Round dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto M.Pd., dan Agung Nugroho M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kerjasama; Prestasi belajar; model kooperatif tipe Marry Go Round;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 27 Sep 2017 01:48
Last Modified: 27 Sep 2017 01:48
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4392

Actions (login required)

View Item View Item