SEVYANA, DIKA (2017) STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (831kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (903kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (830kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan yang sedang terjadi pada bangsa Indonesia saat ini yaitu
adanya kemerosotan moral pada anak. Penelitian ini dilakukan dalam rangka
mendapatkan gambaran tentang strategi penguatan pendidikan karakter di Sekolah
Dasar Islam Terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program-program
yang dikembangkan sekolah dalam strategi penguatan pendidikan karakter peserta
didik dan pengelolaan program tersebut. Selain itu penelitian ini juga bertujuan
untuk mengetahui hambatan yang dialami sekolah dalam strategi penguatan
pendidikan karakter dan upaya sekolah untuk mengatasi hambatan dalam
penguatan karakter peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini
dilaksanakan di SD IT Permata Hati Kecamatan Madukara Kabupaten
Banjarnegara pada bulan April sampai dengan bulan Juni 2017. Narasumber
dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, koordinator klub ar-
rasyad, guru kelas lima, dan guru kelas dua. Pengumpulan data diperoleh dari
wawancara, observasi, dan dokumen. Aktivitas yang dilakukan untuk
menganalisis data yaitu terdiri dari proses reduksi data, display data, dan
triangulasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, sekolah talah menerapkan
pendidikan karakter melalui program kegiatan sekolah bagi peserta didik sebagai
upaya untuk penguatan pendidikan karakter baik dalam kegiatan kurikuler
maupun dalam kegiatan ko kurikuler dan ekstrakurikulernya. Hambatan yang ada
di sekolah yaitu masih terdapat beberapa peserta didik yang belum mencapai nilai
minimum akademik, penerapan
character building
peserta didik masih terkendala
karena adanya lingkungan peserta didik yang masih kurang mendukung dala
m
pencapaian pendidikan karakter. Upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk
mengatasi hambatan yang ada yaitu memberikan program remidial, lembar cek
list sebagai
rundown
kegiatan harian peserta didik, dan kegiatan
parenting
sebagai
kegiatan
sharing
terkait ketercapaian peserta didik antara guru dengan orang tua.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Additional Information: | Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Aji Heru Muslim, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Penguatan, Pendidikan Karakter, Program, Peserta Didik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 01:12 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 06:39 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4349 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |