AZIZAH, WAHYU (2017) PENGARUH PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA REMAJA DI PONDOK PESANTREN DARUL MUJAHADAH MARGASARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Wahyu Azizah COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Wahyu Azizah BAB I.pdf Download (712kB) | Preview |
Preview |
Text
Wahyu Azizah BAB II.pdf Download (815kB) | Preview |
![]() |
Text
Wahyu Azizah BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Wahyu Azizah BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) |
![]() |
Text
Wahyu Azizah BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
Preview |
Text
Wahyu Azizah DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (708kB) | Preview |
![]() |
Text
Wahyu Azizah LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) |
Abstract
Latar belakang
:
Remaja adalah masa perkembangan transisi antara masa anak-
anak dan masa dewasa yang mencakup perubahan biologis, kognitif, dan sosial-
emosional. Permasalahan yang biasa ditemui remaja adalah kurangnya
kemampuan komunikasi kepada orang sekitar. Salah satu faktor yang
mempengaruhi kemampuan komunikasi adalah latihan keterampilan sosial.
Tujuan
:
menganalisis pengaruh pelatihan keterampilan sosial terhadap
kemampuan komunikasi pada remaja di Pondok Pesantren Darul Mujahadah
Margasari.
Metode
:
merupakan penel
itian kuantitatif dengan menggunakan desain “
Quasi
experimental pre test
–
post test with control group
“ dengan 62 responden.
Penelitian ini menggunakan uji
Paired T-Test Dependen
.
Hasil
:
Kemampuan komunikasi responden sebelum diberikan pelatihan
keterampilan sosial pada kelompok intervensi sebagian besar pada kategori baik
yaitu sebanyak 16 orang (51,6%), sedangkan pada kelompok kontrol sebagian
besar pada kategori cukup yaitu sebanyak 23 orang (74,2%). Kemampuan
komunikasi responden sesudah diberikan pelatihan keterampilan sosial pada
kelompok intervensi sebagian besar pada kategori baik yaitu sebanyak 26 orang
(83,9%), sedangkan pada kelompok kontrol sebagian besar pada kategori cukup
yaitu sebanyak 26 orang (83,9%).
Kesimpulan
:
Ada pengaruh pelatihan keterampilan sosial terhadap kemampuan
komunikasi remaja. Hasil uji
statistik
diperoleh nilai t sebesar 3.780 dan
p value
=
0,001. Ada perbedaan kemampuan komunikasi remaja pada kelompok intervensi
dan kontrol. Hasil uji
statistik
pada kelompok intervensi diperoleh nilai t sebesar
3,780 dan
p value
= 0,001, sedangkan hasil uji
statistik
diperoleh nilai t sebesar
1,139 dan
p value
= 0,264.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Ns. Siti Nurjanah S.Kep., M.Kep., Sp.Kep. |
Uncontrolled Keywords: | pondok pesantren, kemampuan komunikasi, keterampilan sosial, re maja. |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Roni Purwanto |
Date Deposited: | 20 Sep 2017 02:26 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 07:30 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |