AZIZAH, WAHYU (2017) PENGARUH PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA REMAJA DI PONDOK PESANTREN DARUL MUJAHADAH MARGASARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Wahyu Azizah COVER.pdf]
Preview
Text
Wahyu Azizah COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Wahyu Azizah BAB I.pdf]
Preview
Text
Wahyu Azizah BAB I.pdf

Download (712kB) | Preview
[thumbnail of Wahyu Azizah BAB II.pdf]
Preview
Text
Wahyu Azizah BAB II.pdf

Download (815kB) | Preview
[thumbnail of Wahyu Azizah BAB III.pdf] Text
Wahyu Azizah BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Wahyu Azizah BAB IV.pdf] Text
Wahyu Azizah BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[thumbnail of Wahyu Azizah BAB V.pdf] Text
Wahyu Azizah BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[thumbnail of Wahyu Azizah DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Wahyu Azizah DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (708kB) | Preview
[thumbnail of Wahyu Azizah LAMPIRAN.pdf] Text
Wahyu Azizah LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)

Abstract

Latar belakang
:
Remaja adalah masa perkembangan transisi antara masa anak-
anak dan masa dewasa yang mencakup perubahan biologis, kognitif, dan sosial-
emosional. Permasalahan yang biasa ditemui remaja adalah kurangnya
kemampuan komunikasi kepada orang sekitar. Salah satu faktor yang
mempengaruhi kemampuan komunikasi adalah latihan keterampilan sosial.
Tujuan
:
menganalisis pengaruh pelatihan keterampilan sosial terhadap
kemampuan komunikasi pada remaja di Pondok Pesantren Darul Mujahadah
Margasari.
Metode
:
merupakan penel
itian kuantitatif dengan menggunakan desain “
Quasi
experimental pre test

post test with control group
“ dengan 62 responden.
Penelitian ini menggunakan uji
Paired T-Test Dependen
.
Hasil
:
Kemampuan komunikasi responden sebelum diberikan pelatihan
keterampilan sosial pada kelompok intervensi sebagian besar pada kategori baik
yaitu sebanyak 16 orang (51,6%), sedangkan pada kelompok kontrol sebagian
besar pada kategori cukup yaitu sebanyak 23 orang (74,2%). Kemampuan
komunikasi responden sesudah diberikan pelatihan keterampilan sosial pada
kelompok intervensi sebagian besar pada kategori baik yaitu sebanyak 26 orang
(83,9%), sedangkan pada kelompok kontrol sebagian besar pada kategori cukup
yaitu sebanyak 26 orang (83,9%).
Kesimpulan
:
Ada pengaruh pelatihan keterampilan sosial terhadap kemampuan
komunikasi remaja. Hasil uji
statistik
diperoleh nilai t sebesar 3.780 dan
p value
=
0,001. Ada perbedaan kemampuan komunikasi remaja pada kelompok intervensi
dan kontrol. Hasil uji
statistik
pada kelompok intervensi diperoleh nilai t sebesar
3,780 dan
p value
= 0,001, sedangkan hasil uji
statistik
diperoleh nilai t sebesar
1,139 dan
p value
= 0,264.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Ns. Siti Nurjanah S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.
Uncontrolled Keywords: pondok pesantren, kemampuan komunikasi, keterampilan sosial, re maja.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan S1
Depositing User: Roni Purwanto
Date Deposited: 20 Sep 2017 02:26
Last Modified: 13 Jun 2024 07:30
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4298

Actions (login required)

View Item View Item