IMELDA APRILIA (2017) i PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERAS I SEKOLAH GUNA MENINGKATKAN BUDAYA MEMBACA SISWA DI SD NEGERI 2 LIMPAKUWUS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
IMELDA APRILIA - COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
IMELDA APRILIA - BAB I.pdf Download (600kB) | Preview |
Preview |
Text
IMELDA APRILIA - BAB II.pdf Download (718kB) | Preview |
Preview |
Text
IMELDA APRILIA - BAB III.pdf Download (613kB) | Preview |
![]() |
Text
IMELDA APRILIA - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) |
![]() |
Text
IMELDA APRILIA - BAB V..pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
Preview |
Text
IMELDA APRILIA - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (685kB) | Preview |
![]() |
Text
IMELDA APRILIA - LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Rendahnya minat membaca siswa disebabkan adanya beberapa alasan
diantaranya rendahnya keterampilan membaca siswa yang kurang, banyaknya
jenis hiburan, games, dan tayangan TV yang dapat mengalihkan perhatian anak
dari buku bacaan dan sistem pembelajaran di Indonesia belum membuat siswa
harus membaca buku. Pemerintah menggagasGerakan literasi sekolah guna
memperbaiki minat baca siswa.Untuk mengetahui pelaksanaanya, peneliti
melakukan
penelitian tentang Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Guna
Meningkatkan Budaya Membaca di SDN 2 Limpakuwus.Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi.Analisis data hasil
penelitian dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Peneliti juga mengamati perencanaan gerakan literasi sekolah
mencakup sarana perpustakaan dan bahan bacaan dan mengamati keterlibatan
guru, ke
pala sekolah, dan orang tua dalam pelaksanaan literasi serta kendala-
kendala yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum pelaksanaan
program gerakan lietarasi sekolah (GLS) telah terlaksana dengan baik.Sebagian
besar perencanaan sudah dilakukan, dengan pelaksanaan kegiatan ini terbukti
menumbuhkan minat baca siswa. Kendala yang dialami dalam pelaksanaan
gerakan literasi sekolah (GLS) adalah kondisi perpustakaan yang masih butuh
pengembangan, koleksi buku yang lama, jumlah buku bacaan yang terbatas dan
kurangnya penggerak literasi ini. Upaya mengatasi kendala dalam pelaksanaan
gerakan
literasi sekolah diantaranya dengan memanfaatkan buku bacaan yang ada
dengan semaksimal mungkin dan terus menerus memberikan motivasi kepada
siswa. Saran yang diberikan peneliti untuk sekolah yaitu diharapkan kegiatan ini
terus berjalan, karena kegiatan ini berperan penting dalam proses pembelajaran.
Serta menjadi acuan untuk mengevaluasi kegiatan literasi ini.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | 1. Drs. Supriyatna , M.Pd 2. Dr. Sriyanto, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi Sekolah, Budaya Membaca. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 00:15 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 00:15 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |