KAJIAN TINDAK TUTUR MASYARAKAT DI TEMPAT PELAYANAN PUBLIK (KECAMATAN, KANTOR POS DAN KUD) DI KECAMATAN DAYEUHLUHUR KABUPATEN CILACAP PERIODE NOVEMBER 2015

ROSTIANA, LINA (2016) KAJIAN TINDAK TUTUR MASYARAKAT DI TEMPAT PELAYANAN PUBLIK (KECAMATAN, KANTOR POS DAN KUD) DI KECAMATAN DAYEUHLUHUR KABUPATEN CILACAP PERIODE NOVEMBER 2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
1. LINA ROSTIANA COVER.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LINA ROSTIANA BAB I.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LINA ROSTIANA BAB II.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
4. LINA ROSTIANA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
5. LINA ROSTIANA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
6. LINA ROSTIANA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img]
Preview
Text
7. LINA ROSTIANA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text
8. LINA ROSTIANA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Kajian Tindak Tutur Masyarakat di Tempat Pelayanan Publik (Kecamatan, Kantor Pos, dan KUD) di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap Periode November 2015. Bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur yang terdapat pada percakapan antara petugas kecamatan, kantor pos dan KUD dengan masyarakat yang mngunjungi tempat pelayanan publik tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, karena tidak menggunakan prosedur statistik. Data penelitian ini berupa tuturan yang digunakan untuk berkomunikasi oleh petugas dan masyarakat di tempat pelayanan publik (kecamatan, kantor Pos, dan KUD) yang berada di Kecamatan Dayeuhluhur. Sumber data dalam penelitian ini adalah petugas dan masyarakat yang melakukan percakapan di tempat pelayanan publik (kecamatan, kantor pos, dan KUD) yang berada di Kecamatan Dayeuhluhur. Penelitian skripsi ini dilakukan dalam satu bulan, yaitu bulan November 2015. Pada tahap penyediaan data peneliti menggunakan mentode simak teknik SLBC, teknik rekam, dan teknik catat. Pada tahap analisis data digunakan metode padan, sedangkan pada tahap penyajian hasil analisis data digunakan penyajian informal. Berdasarkan hasil analisis data, maka peneliti memperoleh hasil sebagai berikut: bentuk tindak tutur yang terdapat pada percakapan di tempat pelayanan publik (kecamatan, kantor pos dan KUD), ada tiga, yakni tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Tindak tutur lokusi yang digunakan adalah lokusi pernyataan, lokusi pertanyaan, dan lokusi perintah. Lokusi pernyataan di kantor kecamatan berjumlah 201 tuturan, lokusi pernyataan di kantor pos berjumlah 158 tuturan, dan lokusi pernyataan di kantor KUD berjumlah 273 tuturan. Lokusi pertanyaan di kantor kecamatan berjumlah 130 tuturan, lokusi pertanyaan di kantor pos berjumlah 72 tuturan, dan lokusi pertanyaan di kantor KUD berjumlah 273 tuturan. Lokusi perintah di kantor kecamatan berjumlah 10 tuturan, lokusi perintah di kantor pos berjumlah 5 tuturan, dan lokusi perintah di kantor KUD berjumlah 9 tuturan. Tindak tutur ilokusi yang digunakan adalah ilokusi refresentatif di kantor kecamatan berjumlah 33 tutuan, di kantor pos berjumlah 19 tuturan, dan di kantor KUD berjumlah 209 tuturan. Ilokusi Direktif di kantor kecamatan berjumlah 15 tuturan, di kantor pos berjumlah 3 tuturan, dan di kantor KUD berjumlah 11 tuturan. Ilokusi ekspesif di kantor kecamatan berjumlah 8 tuturan, di kantor pos berjumlah 24 tuturan dan di kantor KUD berjumlah 18 Tuturan. Ilokusi deklaratif di kantor kecamatan berjumlah 11 tuturan, di kantor pos berjumlah 3 tuturan, dan di kantor KUD berjumlah 19 tuturan. Tindak tutur perlokusi yang digunakan adalah perlokusi bring to learn that (membuat penutur tahu bahwa) di kantor kecamatan berjumlah 11 tuturan, di kantor pos berjumlah 4 tuturan, dan di kantor KUD berjumlah 8 tuturan. Perlokusi deceive (menipu) di kantor kecamatan berjumlah 1 tuturan, di kantor pos berjumlah 1 tuturan, dan di kantor KUD 1 tuturan. Perlokusi attract attention (menarik perhatian) di kantor kecamatan berjumlah 1 tuturan. Perlokusi frighten (menakuti) berjumlah 1 tuturan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Eko Suroso, M.Pd. dan Drs. Sarwidi M, Hum.
Uncontrolled Keywords: bahasa, tindak tutur dan pelayanan publik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 17 Jan 2017 01:05
Last Modified: 17 Jan 2017 01:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item View Item