WIJAYA,, PANGGIH (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP KOMUNIKATIF DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI MEMAHAMI HUBUNGAN ANTARA SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT MELALUI METODE MIND MAPPING DAN MEDIA VISUAL DI KELAS IV S EKOLAH D ASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (650kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (686kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (902kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (521kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan bentuk tindakan untuk membentuk manusia dimana aspek
kognitif, afektif, dan psikomotor dikembangkan. Pendidikan dikaitkan sebagai
bentuk aktifitas belajar mengajar yang terdapat guru dan siswa serta interaksi
yang terjadi didalamnya. Identifikasi masalah yang ditemukan diantaranya berupa
rendahnya sikap komunikatif siswa dan prestasi belajar IPA. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan sikap komunikatif dan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPA melalui metode
Mind Mapping
dan media visual, karen
a
masih kurangnya sikap komunikatif siswa dan rendahnya prestasi belajar siswa
dalam proses pembelajaran di kelas yang dibuktikan dengan adanya siswa yang
nilainya masih dibawah KKM. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N
Gumingsir
yang berjumlah 11 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan
dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, meliputi perencanaan,
pelaksanaan, tindakan, dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu
evaluasi tertulis untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada setiap akhir
pertemuan, dan skala sikap untuk mengetahui sikap komunikatif siswa pada setiap
akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap komunikatif
pada siklus I yaitu rata-rata 2,8 dan pada siklus II memperoleh rata-
rata 3,3
sedangkan nilai rata-rata evaluasi siswa siklus I yaitu 75,9 dengan presentasi
ke
tuntasan yaitu 72,7%, sedangkan pada siklus II rata-rata yang diperoleh yaitu
85,23 dengan presentase ketuntasan mencapai 90,9%.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D, dan Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd, |
Uncontrolled Keywords: | Sikap Komunikatif, IPA, Metode Mind Mapping dan Media Visual, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 07:02 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 07:02 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |