KHASNA, UMMU (2017) PENINGKATAN SIKAP KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DI KELAS V SDN 1 KARANGLEWAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
UMMU KHASNA COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
UMMU KHASNA BAB I.pdf Download (690kB) | Preview |
Preview |
Text
UMMU KHASNA BAB II.pdf Download (874kB) | Preview |
![]() |
Text
UMMU KHASNA BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) |
![]() |
Text
UMMU KHASNA BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
UMMU KHASNA BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
Preview |
Text
UMMU KHASNA DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (601kB) | Preview |
![]() |
Text
UMMU KHASNA LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya sikap kerjasama dan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi menghargai perjuangan para tokoh
dalam mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD Negeri 1 Karanglewas,
sehingga perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran. Faktor yang
menyebabkan kurangnya sikap kerjasama antara lain siswa hanya mau
berkelompok dengan teman yang akrab, siswa tidak mau menyelesaikan soal yang
diberikan oleh guru bersama-sama, tugas kelompok tidak semua anggota
mengerjakan dan siswa tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Sikap
kerjasama rendah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Prestasi belajar
rendah, dilihat dari nilai ulangan harian materi menghargai perjuangan para tokoh
dalam mempertahankan kemerdekaan mata pelajaran IPS pada 3 tahun terakhir
menunjukan banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Course Review
Horay. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2
siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan yang meliputi tahapan perencanaan,
pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas
V SD Negeri 1 Karanglewas yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 12 siswa lakilaki
dan 11 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam
pengumpulan data menggunakan tes evaluasi, angket, dan lembar observasi
aktivitas guru dan aktivitas siswa. Analisis datanya menggunakan analisis
kuantitatif dan kualitatif. Indikator dalam penelitian ini terjadi peningkatan nilai
rata-rata individu lebih dari nilai KKM yaitu 70 dengan indikator keberhasilan
75% dan terjadi peningkatan sikap kerjasama siswa dari siklus I ke siklus II
dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui model
pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan prestasi
belajar dan sikap kerjasama siswa. Hasil sikap kerjasama siswa dibuktikan dengan
meningkatnya hasil rata-rata dari siklus I yaitu 3,2 meningkat pada siklus II yaitu
3,32. Hasil prestasi belajar dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata kelas pada
siklus I yaitu 67,45 dengan ketuntasan belajar 52,38 %, dan nilai rata-raat kelas
pada siklus II yaitu 78,5 dengan ketuntasan belajar 80,43%. Penggunaan model
pembelajaran kooperetif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan prestasi
belajar dan sikap kerjasama siswa kelas V SD Negeri 1 Karanglewas.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd. dan Lia Mareza, M.A. |
Uncontrolled Keywords: | IPS, Pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay, Prestasi Belajar, Sikap Kerjasama |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 03:41 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 07:05 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3966 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |