PENINGKATAN SIKAP KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DI KELAS V SDN 1 KARANGLEWAS

KHASNA, UMMU (2017) PENINGKATAN SIKAP KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DI KELAS V SDN 1 KARANGLEWAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
UMMU KHASNA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
UMMU KHASNA BAB I.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UMMU KHASNA BAB II.pdf

Download (874kB) | Preview
[img] Text
UMMU KHASNA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
UMMU KHASNA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
UMMU KHASNA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
UMMU KHASNA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text
UMMU KHASNA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya sikap kerjasama dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD Negeri 1 Karanglewas, sehingga perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran. Faktor yang menyebabkan kurangnya sikap kerjasama antara lain siswa hanya mau berkelompok dengan teman yang akrab, siswa tidak mau menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru bersama-sama, tugas kelompok tidak semua anggota mengerjakan dan siswa tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Sikap kerjasama rendah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Prestasi belajar rendah, dilihat dari nilai ulangan harian materi menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan mata pelajaran IPS pada 3 tahun terakhir menunjukan banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 1 Karanglewas yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 12 siswa lakilaki dan 11 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes evaluasi, angket, dan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Analisis datanya menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Indikator dalam penelitian ini terjadi peningkatan nilai rata-rata individu lebih dari nilai KKM yaitu 70 dengan indikator keberhasilan 75% dan terjadi peningkatan sikap kerjasama siswa dari siklus I ke siklus II dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap kerjasama siswa. Hasil sikap kerjasama siswa dibuktikan dengan meningkatnya hasil rata-rata dari siklus I yaitu 3,2 meningkat pada siklus II yaitu 3,32. Hasil prestasi belajar dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 67,45 dengan ketuntasan belajar 52,38 %, dan nilai rata-raat kelas pada siklus II yaitu 78,5 dengan ketuntasan belajar 80,43%. Penggunaan model pembelajaran kooperetif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap kerjasama siswa kelas V SD Negeri 1 Karanglewas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd. dan Lia Mareza, M.A.
Uncontrolled Keywords: IPS, Pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay, Prestasi Belajar, Sikap Kerjasama
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 11 Sep 2017 03:41
Last Modified: 11 Sep 2017 03:41
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/3966

Actions (login required)

View Item View Item