PENINGKATAN PERAN AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMP NEGERI 2 SAMPANG

ROSIYATI, . (2012) PENINGKATAN PERAN AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMP NEGERI 2 SAMPANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ROSIYATI COVER.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ROSIYATI BAB I.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ROSIYATI BAB II.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
ROSIYATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
ROSIYATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img] Text
ROSIYATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img]
Preview
Text
ROSIYATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text
ROSIYATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan peran aktif dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di SMP Negeri 2 Sampang. ROSIYATI tahun 2012 pada kompetensi dasar atmosfer dan hidrosfer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dua pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMPN 2 Sampang dengan jumlah 39 peserta didik yang terdiri 19 peserta didik putra dan 20 peserta didik putri. Parameter yang diteliti dalam penelitian ini adalah peran aktif dan prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian diperoleh prosentase peran aktif pada siklus I sebesar 42,55% dan meningkat pada siklus II menjadi 48,96%. Nilai rerata prestasi belajar peserta didik siklus I sebesar71 dengan ketuntasan klasikal sebesar 64%, dan pada siklus II meningkat menjadi 78 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan peran aktif dan prestasi belajar peserta didik dikelas VII B SMPN 2 Sampang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigid Sriwanto, M.Si. dan Suwarsito, S.Pi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Think pair share, Atmosfer, Hidrosfer dan Prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 31 Aug 2017 03:49
Last Modified: 31 Aug 2017 03:49
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/3707

Actions (login required)

View Item View Item