MARZUQOH, AFISKA TITIS NURKUSUMA (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTU MEDIA GAMBAR SERI KELAS IV SD NEGERI 7 SOKANEGARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
AFISKA TITIS NURKUSUMA MARZUQOH COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
AFISKA TITIS NURKUSUMA MARZUQOH BAB I.pdf Download (526kB) | Preview |
Preview |
Text
AFISKA TITIS NURKUSUMA MARZUQOH BAB II.pdf Download (837kB) | Preview |
![]() |
Text
AFISKA TITIS NURKUSUMA MARZUQOH BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (821kB) |
![]() |
Text
AFISKA TITIS NURKUSUMA MARZUQOH BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
AFISKA TITIS NURKUSUMA MARZUQOH BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
Preview |
Text
AFISKA TITIS NURKUSUMA MARZUQOH DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (632kB) | Preview |
![]() |
Text
AFISKA TITIS NURKUSUMA MARZUQOH LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis
karangan deskripsi melalui model pembelajaran concept sentence berbantu media
gambar seri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
terdiri dari dua siklus. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis &
Mc. Taggart dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 7 Sokanegara yang
berjumlah 16 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Metode
pengumpulan data diperoleh dari hasil menulis karangan deskripsi, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Menulis pada dasarnya bukan sekedar menuangkan
isi pikiran ke dalam bentuk tulisan, tetapi lebih pada proses kreatif dalam
menuangkan ide, pendapat dan gagasan ke dalam wacana agar dapat dibaca, di
pahami dengan mudah, dan menarik untuk dibaca orang lain. Permasalahan
berkaitan dengan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa di kelas IV SD
Negeri 7 Sokanegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) meningkatnya nilai
ketuntasan materi menulis karangan deskripsi siswa dari 68,75 % pada siklus I
meningkat menjadi 90,62% pada siklus II, 2) hasil observasi penggunaan model
pembelajaran concept sentence dengan media gambar seri oleh guru pada siklus I
sebesar 2,86 dengan presentase 71,65%, mengalami peningkatan pada siklus II
sebesar 3,52 dengan presentase 88,1%, 3) hasil observasi penggunaan model
pembelajaran concept sentence dengan media gambar seri terhadap siswa pada
siklus I 3,1 dengan presentase 77,5%, pada siklus II mencapai 3,57 dengan
presentase 89,4%. Berdasarkan analisis di atas bahwa penelitian menggunakan
model pembelajaran concept sentence berbantu media gambar seri dapat
meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Asih Emawati, Ph.D dan Lia Mareza, M.A. |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menulis karangan deskripsi, media gambar seri, model pembelajaran concept sentence |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 02:53 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 01:36 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |