UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI GAYA MELALUI METODE DISCOVERY DI KELAS V SD NEGERI 2 KARANGDUREN

MUARANINGSIH, DEFIA (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI GAYA MELALUI METODE DISCOVERY DI KELAS V SD NEGERI 2 KARANGDUREN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DEFIA MUARANINGSIH COVER.pdf

Download (900kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEFIA MUARANINGSIH BAB I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEFIA MUARANINGSIH BAB II.pdf

Download (714kB) | Preview
[img] Text
DEFIA MUARANINGSIH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
DEFIA MUARANINGSIH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DEFIA MUARANINGSIH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img]
Preview
Text
DEFIA MUARANINGSIH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya melalui metode discovery. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 02 Karangduren dengan jumlah siswa 29 yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri 2 pertemuan, yaitu 1 pertemuan terdiri 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa. Untuk memperoleh data hasil belajar ranah psikomotor dan ranah afektif menggunakan lembar penilaian psikomotor dan lembar penilaian afektif. Untuk data hasil belajar ranah kognitif diperoleh dari tes evaluasi akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar ranah psikomotor diperoleh persentase nilai rata-rata siklus I sebesar 71,12% dan siklus II sebesar 85,08%. Hasil belajar ranah afektif diperoleh persentase nilai rata-rata siklus I sebesar 69,22% dan siklus II sebesar 84,74 %. Sedangkan hasil belajar ranah kognitif siklus I diperoleh rata-rata nilai 70,34 dengan ketuntasan 62,06% dan siklus II diperoleh rata-rata nilai 78,96 dengan ketuntasan 86,20%. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 02 Karangduren.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M. Si dan Subuh Anggoro, S.Pi, M. Pi
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Metode Discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 29 Aug 2017 00:59
Last Modified: 29 Aug 2017 00:59
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/3579

Actions (login required)

View Item View Item