MASRUROH,, RIZKA VIVIANA (2017) ANALISIS PEMANFAATAN SUDUT BACA DI LINGKUNGAN SEKOLAH GUNA MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI PADA SISWA DI SD NEGERI POLOMARTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (910kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (665kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (745kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (660kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan sudut baca di SD
Negeri Polomarto guna menumbuhkan budaya literasi pada siswa. Penelitian
terfokus pada kegiatan literasi yang dilakukan oleh siswa dan guru. Subjek
penelitian ini terdiri dari siswa sebagai subjek penelitian primer, guru dan kepala
sekolah sebagai subjek penelitian sekunder. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif dimana pengambilan data dilakukan dengan wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sudut baca di
kelas III dan di kelas V dikelola oleh siswa dan guru. Pelaksanaan literasi di SD
Negeri Polomarto yaitu dengan kegiatan membaca buku selama 15 menit sebelum
proses pembelajaran, pada saat jam istirahat kedua. Guru juga melaksanakan
kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan sudut baca kelas. Pelaksanaan
literasi di kelas III yaitu setelah selesai membaca buku, siswa disuruh menulis
kembali yang sudah dibaca, sedangkan di kelas V setelah selesai membaca, maka
siswa disuruh menjelaskan kembali secara lisan yang sudah dibaca di depan
teman
-temannya. Hambatan pelaksanaan pemanfaatan sudut baca antara lain: a)
jumlah koleksi buku bacaan yang terdapat di sudut baca kelas masih kurang; b)
beberapa siswa akan membaca buku ketika guru menyuruhnya. Upaya sekolah
untuk mengatasi hambatan tersebut ialah : menambah koleksi buku bacaan dari
dana bos dan pemberian dari siswa yang sudah lulus dari SD Negeri Polomarto,
melakukan kegiatan membaca dan kegiatan pembelajaran di sudut baca kelas,
memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa untuk membiasakan membaca
dengan memanfaatkan sudut baca kelas saat waktu luang

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Lia Mareza, M.A.,
Uncontrolled Keywords: literasi, sudut baca, membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2017 01:42
Last Modified: 11 Nov 2024 01:47
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3559

Actions (login required)

View Item View Item