UTAMI,, DESI (2017) PENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTU MEDIA CROSS WORD PUZZLE DI KELAS IVA SD NEGERI 1 PRIGI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (797kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial di lingkungan
setempat melalui model pembelajaran langsung berbantu media
Crossword Puzzle
(Teka-teki Silang) di kelas IVA SD Negeri 1 Prigi. Percaya diri siswa rendah
ditandai dengan siswa masih malu-malu untuk menjawab mengenai pendapatnya,
siswa pura-pura tidak mendengarkan guru, siswa menghindari kontak mata
dengan guru dan saat guru memberikan pertanyaan lisan hanya beberapa siswa
yang menjawab. Presatsi belajar siswa yang rendah ditandai dengan rata-rata nilai
yang masih dibawah KKM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimulai dari tahap perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswakelas IVA SD Negeri 1
Prigi tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan
8 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunkan
tes/ evaluasi, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi akativitas siswa
dan lembar angket percaya diri yang diberikan setiap akhir siklus serta
dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila ketuntasan
secara klasikal >85%. Berdasarkan analisis data menunjukkan adanya
meningkatnya percaya diri dan prestasi belajar. Percaya diri siswa dapat dilihat
dari rata-rata 2,88 pada siklus I dengan kriteria baik menjadi 3,33 pada siklus II
dengan kriteria sangat baik. Kemudian peningkatan prestasi belajar dapat dilihat
dari ketuntasan belajar siswa dari 78,25% pada siklus I menjadi 95,65% pada
siklus II. Pada siklus I aktivitas siswa dengan rata-rata 2,48 dengan kriteria cukup,
siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 3,17 dengan kriteria baik. Pada
siklus II aktivitas guru dengan rata-rata persentase 3,15% dengan kriteria baik,
siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase 3,47% dengan
kriteria sangat baik. Berdasarkan analisis di atas bahwa penelitian menggunakan
model pembelajaran langsung berbantu media
Crossword Puzzle
pada materi
masalah sosial di lingkungan setempat dapat meningkat percaya diri dan prestasi
belajar.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Arifin Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Crossword Puzzle, percaya diri, prestasi belajar, model pembelajaran langsung
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2017 00:37
Last Modified: 25 Aug 2017 00:37
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3553

Actions (login required)

View Item View Item