PRATAMI,, MOLITA MEI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH DI KELAS V A MI MUHAMMADIYAH KRAMAT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (716kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (758kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (647kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh
rasa ingin tahu dan prestasi belajar
yang rendah.
Rasa ingin tahu yang rendah dapat dilihat dari saat proses
pembelajaran masih banyak siswa yang bemain sendiri, tidak memperhatikan guru
saat pembelajaran. Prestasi belajar siswa rendah dilihat dari ulangan harian kelas
V A tahun ajaran 2015/2016 masih banyak nilai di bawah KKM. R
asa ingin tahu
dan prestasi belajar siswa yang rendah diberikan trea
tment yaitu dengan
penerapan model kooperat
if tipe
snowball throwing
.
Snowball throwing
adalah
pembelajaran dengan
game
sehingga siswa akan senang dengan pembelajaran.
Penerapan model kooperatif tipe
snowball throwing
ini diharapkan dapat
meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPA
materi Pembentukan Tanah di kelas V A MI Muhammadiyah Kramat. Penelitian
ini dilaksanakan di kelasV MI Muhammadiyah Kramat.jumlah siswa kelas V A
MI Muhammadiyah Kramat yaitu 15 siswa yang terdiri dari 8 siswa perempuan
dan 7 siswa laki
-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2
pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi.
Penerapan ini berhasil
apabila rasa ingin tahu meningkat dan prestasi
belajar meningkat minimal 80% dari KKM.
Pengumpulan data diperoleh dari
lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Data rasa
ingin tahu siswa diperoleh dari angket dan data prestasi
belajar diperoleh dari
evaluasi yang diberikan pada setiap pertemuan dalam siklus. Hasil penelitian rasa
ingin tahu siswa pada siklus I diperoleh rata
-rata 2,93 dengan kriteria baik dan
prestasi belajar siswa memperoleh presentase ketuntasan belajar yaitu
6,67%
dengan kriteria baik. Peningkatan pada siklus II, rasa ingin tahu dengan rata
-rata
3,31 dengan kriteria sangat baik, begitu juga dengan prestasi belajar meningkat.
Presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II yaitu 86,67% dengan kriteria
sangat
baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe
snowball throwing
dapat meningkatkan rasa ingin
tahu dan prestasi belajar siswa kelas V A MI Muhammadiyah Kramat.
Peningkatan rasa ingin tahu ini terlihat pada
saat siswa sudah mulai mulai
memperhatikan penjelasan guru dengan baik dan siswa juga sudah aktif bertanya
atau berdiskusi terkait materi yang belum dipahami. Saat proses pembelajaran
berlangsung siswa berani mengungkapkan pendapatnya
. Peningkatan prestasi
belajar siswa dikarenakan siswa mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga
hasil evaluasi siswa baik dan memuaskan.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A., |
Uncontrolled Keywords: | rasa ingin tahu, prestasi belajar IPA materi Pembentukan Tanah, model kooperatif tipe snowball throwing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2017 01:58 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 07:37 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3411 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |