DWIARSENA,, MITHASARI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KEBANGGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (700kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (878kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (691kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran
quantum
dapat membuat siswa ikut aktif
berpartisipasi dalam proses pembelajaran, sehingga suasana pembelajaran akan
menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: 1) Pengaruh penerapan model pembelajaran
quantum
terhadap sikap
rasa ingin tahu siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang di
kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Kebanggan, 2) Pengaruh penerapan model
pembelajaran
quantum
terhadap prestasi belajar matematika pada materi bangun
ruang di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Kebanggan. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian
quasi
eksperimen dengan desain
Nonequivalent Pretest-
Postest Control Group Design
. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV
A sebagai kelas ekperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan
untuk prestasi belajar menggunakan tes dan untuk sikap rasa ingin tahu
menggunakan angket sikap rasa ingin tahu. Data dihitung dengan menggunakan
uji normalitas Chi-kuadrat, uji homogenitas dan rumus
independent sample t-test
(uji-t pihak kanan). Hasil pada perolehan angket sikap rasa ingin tahu
menunjukkan nilai
atau 2,270 > 1,998 sehingga
ditolak dan
diterima, maka terdapat pengaruh yang lebih baik pada penerapan model
pembelajaran
quantum
terhadap sikap rasa ingin tahu siswa pada mata pelajaran
matematika materi bangun ruang di kalas IV Sekolah Dasar. Hasil penelitian pada
prestasi belajar menunjukkan nilai
atau 2,204 > 1,998, sehingga
ditolak dan
diterima, maka terdapat pengaruh yang lebih baik pada
pe
nerapan model pembelajaran
quantum
terhadap prestasi belajar matematika
siswa pada materi bangun ruang di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Kebanggan.
Hasil perhitungan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran
quantum
berpengaruh terhadap sikap rasa ingin tahu siswa dan
prestasi belajar matematika siswa.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S. Sn., M.A
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Quantum, Rasa Ingin Tahu, Prestasi belajar dan Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2017 01:42
Last Modified: 04 Jul 2024 07:46
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3410

Actions (login required)

View Item View Item