YULIANTI,, DEWI (2017) PENINGKATAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT BANGUN RUANG KELAS V. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (660kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (924kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (743kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi
belajar pada peserta didik mata pelajaran matematika materi mengidentifikasi sifat
bangun ruang menggunakan model pembelajaran matematika realistik. Model
matematika realistik ini memiliki kelebihan yaitu mengkaitkan dengan realitas
kehidupan sehari-hari peserta didik. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas V SD Negeri 1 Kebanggan yang berjumlah 44 peserta didik.
Jenis pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua
siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data hasil penelitian diperoleh
dari tes yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar peserta didik, dan hasil
observasi selama kegiatan pembelajaran menggunakan lembar observasi aktivitas
guru dalam menerapkan Model Matematika Realistik, lembar observasi keaktifan
peserta didik, lembar observasi rasa ingin tahu dan dokumentasi. Berdasarkan
hasil penelitian, rasa ingin tahu menggunakan dua pengambilan data penggunaan
data angket pada siklus I diperoleh rata-
rata 3,05 kriteria “baik” sedangkan pada
siklus II diperoleh rata-rata 3,36 dengan
kriteria “sangat baik” data ini juga
didukung menggunakan observasi rasa ingin tahu pada siklus I memperoleh rata-
rata 3,00 kriteria “baik” sedangkan pada siklus II memperoleh rata
-rata 3,33
“sangat baik”. Berdasarkan kedua pengambilan data mengenai rasa
ingin tahu
mengalami peningkatan dari kriteria baik menjadi sangat baik. Sedangkan prestasi
belajar pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 70,62 dengan ketuntasan 61,36% dan
siklus II diperoleh rata-rata 78,03 dengan ketuntasan 79,54. Maka dapat
disimpulkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar dapat ditingkatkan melalui
model pembelajaran matematika realistik.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Sri Muryaningsih, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2017 00:58 |
Last Modified: | 18 Aug 2017 00:58 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3407 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |