APRILINA, DWI (2015) PENINGKATAN SEMANGAT KEBANGSAAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI MENGGUNAKAN MEDIA FILM SOEKARNO DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Cover_Dwi Aprilina.pdf]
Preview
Text
Cover_Dwi Aprilina.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I_Dwi Aprilina.pdf]
Preview
Text
Bab I_Dwi Aprilina.pdf

Download (607kB) | Preview
[thumbnail of Bab II_Dwi Aprilina.pdf]
Preview
Text
Bab II_Dwi Aprilina.pdf

Download (633kB) | Preview
[thumbnail of Bab III_Dwi Aprilina.pdf] Text
Bab III_Dwi Aprilina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[thumbnail of Bab IV_Dwi Aprilina.pdf] Text
Bab IV_Dwi Aprilina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V_Dwi Aprilina.pdf] Text
Bab V_Dwi Aprilina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_Dwi Aprilina.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka_Dwi Aprilina.pdf

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_Dwi Aprilina.pdf] Text
Lampiran_Dwi Aprilina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat kebangsaan dan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan RI
menggunakan media film Soekarno di kelas VA SD Negeri Sokaraja Kidul tahun
ajaran 2014/2015. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA sebanyak 25
siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus
meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Untuk memperoleh
data semangat kebangsaan siswa yaitu menggunakan angket semangat kebangsaan
siswa dan observasi aktivitas siswa, sedangkan untuk memperoleh data prestasi
belajar yaitu menggunakan lembar evaluasi yg diberikan setiap akhir pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan semangat kebangsaan
dan prestasi belajar siswa pada materi Proklamasi Kemerdekaan RI dengan
penayangan film Soekarno di kelas VA SD Negeri Sokaraja Kidul. Semangat
kebangsaaan siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 3,14 dengan kriteria baik,
sedangkan untuk prestasi belajar diperoleh ketuntasan belajar sebesar 75%. Hasil
penelitian pada siklus II menunjukkan peningkatan semangat kebangsaan siswa
dengan diperoleh rata-rata 3,36 dengan kriteria sangat baik, sedangkan untuk
prestasi belajar diperoleh prestasi ketuntasan belajar klasikal sebesar 95,83%.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPS materi
Proklamasi Kemerdekaan RI menggunakan media film Soekarno dapat
meningkatkan semangat kebangsaan dan prestasi belajar siswa.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Drs. Pamujo, MM., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Semangat Kebangsaan, Prestasi Belajar, Media Film Soekarno, Proklamasi Kemerdekaan RI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 08 Aug 2017 03:16
Last Modified: 11 Jun 2024 02:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3202

Actions (login required)

View Item View Item