ROHMAH, FATIHATUR (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN METODE UMMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
FATIHATUR ROHMAH COVER.pdf Download (864kB) | Preview |
|
|
Text
FATIHATUR ROHMAH BAB I.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text
FATIHATUR ROHMAH BAB II.pdf Download (781kB) | Preview |
|
![]() |
Text
FATIHATUR ROHMAH BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) |
|
![]() |
Text
FATIHATUR ROHMAH BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) |
|
![]() |
Text
FATIHATUR ROHMAH BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
|
|
Text
FATIHATUR ROHMAH DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (654kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Lampiran Fatihatur Rohmah.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Quran di Madraasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Purbalingga. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIA1, IIA2 dan IIA4 yang melaksanakan program metode Ummi dan sumber data dalam penelitian ini adalah kepala bidang keagamaan, koordinator Al-Quran, guru Ummi dan siswa. Metode yang di gunakan adalah metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan berfikir induktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Quran di Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Purbalingga dimulai dengan pengembangan sumber daya manusia dengan mengadakan program sertifikasi guru yang di laksanakan oleh lembaga ummi sebagai penguji yang di laksanakan selama tiga hari berturut-turut, setelah lulus maka akan mendapatkan sertifikat dan sudah berhak mengajarkan Ummi. Dalam pelaksanaan pembelajaran tehnik yang di gunakan adalah klasikal individual dan klasikal baca simak dengan alat peraga berupa buku Ummi. Sedangkan evaluasi yang di gunakan adalah evaluasi formatif dan tes kenaikan jilid. Dengan adanya ketiga komponen pembelajaran diharapkan dapat mencetak out put yang berkualitas dengan indikasi dapat membaca Al-Quran dengan Tartil.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Makhful, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pembelajaran, Metode Ummi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Nur Hardiansyah |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 02:34 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 00:34 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |