UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHUDAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI MELALUI METODE KERJA KELOMPOK MENGGUNAKAN PERMAINAN BINGO DI KELAS IV SD NEGERI 1 KEDUNGWRINGIN

RAHMAYANTI, HESTI (2013) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHUDAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI MELALUI METODE KERJA KELOMPOK MENGGUNAKAN PERMAINAN BINGO DI KELAS IV SD NEGERI 1 KEDUNGWRINGIN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
HESTI R. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HESTI R. BAB I.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HESTI R. BAB II.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
HESTI R. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
HESTI R. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HESTI R. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img]
Preview
Text
HESTI R. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text
HESTI R. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah masih rendahnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar PKn, terutama pada materi Globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 1 Kedungwringin tahun ajaran 2012/2013 pada materi globalisasi melalui metode kerja kelompok menggunakan permainan bingo.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan alokasi waktu 2x35 menit untuk setiap pertemuan.Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kedungwringin yang terdiri dari 26 siswa, yaitu 9 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes/evaluasi dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa.Indikator dalam penelitian ini yaitu adanya peningkatan rasa ingin tahu siswa, yang ditandai dengan meningkatnya perolehan rata–rata rasa ingin tahu dari siklus I ke siklus berikutnya, dan prestasi belajar dinyatakan berhasil jika ≥85% telah mencapai KKM yakni 71.Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penggunaan metode kerja kelompok menggunakan permainan bingo, dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa. Pada siklus I diperoleh rata-rata 29,7 dengan persentase 74,42% dengan kriteria rasa ingin tahu cukup dan siklus II meningkat dengan diperoleh nilai rata-rata 31,8 dengan persentase 80% dengan kriteria rasa ingin tahu baik. Pada pelaksanaan tes evaluasi siklus I diperoleh rata-rata kelas 75,2, dengan presentase ketuntasan belajar secara klasikal 69,3%, kemudian meningkat pada siklus II, diperoleh tes evalausi rata-rata kelas 83,9 dengan presentase ketuntasan belajar secara klasikal 86,6%

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sri Harmianto, M. Pd, dan Drs. Pamujo, M.M.M.Pd,
Uncontrolled Keywords: rasa ingin tahu, prestasi belajar PKn, metode kerja kelompok, dan permainan bingo.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 19 Jul 2017 01:33
Last Modified: 19 Jul 2017 01:33
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2799

Actions (login required)

View Item View Item