ASTUTI, NITA DWI (2017) ANALISIS PRAANGGAPAN IKLAN SABUN PADA ENAM STASIUN TELEVISI (SCTV, RCTI, INDOSIAR, ANTV, TRANS 7, DAN MNC TV) EDISI APRIL 2016 SKRIPSI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf]
Preview
Text
COVER_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf]
Preview
Text
BAB I_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf

Download (834kB) | Preview
[thumbnail of BAB II_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf]
Preview
Text
BAB II_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf] Text
BAB III_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[thumbnail of BAB IV_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf] Text
BAB IV_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf] Text
BAB V_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf

Download (732kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf] Text
LAMPIRAN_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Analisis Praanggapan Iklan Sabun pada Enam
Stasiun Televisi (SCTV, RCTI, Indosiar, ANTV, TRANS 7, dan MNC TV) Edisi
April 2016 bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk praanggapan iklan sabun
pada enam stasiun televisi dan mendeskripsikan jenis-jenis praanggapan iklan sabun
pada enam stasiun televisi edisi april 2016.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian
ini adalah berupa tuturan-tuturan berjumlah 49 dari jumlah 34 iklan. Sumber data
dalam penelitian ini adalah televisi swasta (SCTV, RCTI, INDOSIAR, ANTV,
TRANS 7, dan MNC TV). Prosedur penyediaan data menggunakan metode simak.
Metode simak meliputi: (1)teknik dasar: teknik sadap (2) teknik lanjutan berupa: (a)
teknik simak bebas libat cakap, (2) teknik rekam dan (3) teknik catat. Dan analisis
data menggunakan metode padan pragmatis. Metode padan pragmatis meliputi (1)
teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dan (2) teknik Hubung Banding Menyamakan
(HBS).
Penelitian analisis praanggapan iklan sabun pada enam stasiun televisi
menghasilkan (1) bentuk-bentuk praanggapan yang terdiri dari praanggapan semantik
dan praanggapan pragmatik (2) jenis-jenis praanggapan yang berupa praanggapan
eksistensial sebanyak 16 data, praanggapan faktif sebanyak 6 data, praanggapan
leksikal sebanyak 5 data, praanggapan non-faktif sebanyak 3 data, praanggapan
struktural 6 data, praanggapan konterfaktual 1 data.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Kuntoro, M.Hum., dan Dra. Siti Fathonah, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: praanggapan, iklan sabun, stasiun televisi
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 19 Jul 2017 00:25
Last Modified: 12 Jun 2024 07:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2790

Actions (login required)

View Item View Item