PERBANDINGAN METODE PENDIDIKAN CERAMAH DAN AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN PADA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

FIRDAUS, AITA NORA (2015) PERBANDINGAN METODE PENDIDIKAN CERAMAH DAN AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN PADA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Aita Nora Firdaus COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aita Nora Firdaus BAB I.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aita Nora Firdaus BAB II.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text
Aita Nora Firdaus BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
Aita Nora Firdaus BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
Aita Nora Firdaus BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img]
Preview
Text
Aita Nora Firdaus DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text
Aita Nora Firdaus LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latarbelakang: Kecelakaan dapat menyebabkan luka ringan bahkan luka berat dan kematian dikarenakan tubuh korban berbenturan dengan benda keras yang umumnya disebut trauma fisik. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan audiovisual terhadap pengetahuan pertolongan pertama pada kecelakaan pada siswa di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. Metode: Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan penelitian quasi experiment dan desain rancangan penelitian ini menggunakan pretest and posttest two group design. Populasi sebanyak 105 siswa dan sampel sebanyak 32 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan uji paired t test dan uji independent sampel t test. Hasil: Rata-rata pengetahuan siswa sebelum diberikan pendidikan kesehatan menggunakan metode ceramah (9,18) setelah diberikan pendidikan meningkat menjadi (16,43), (p=0,000) dan siswa sebelum diberikan pendidikan kesehatan menggunakan metode audiovisual (9,56) setelah diberikan pendidikan meningkat menjadi (14,62), (p=0,00) tentang pertolongan pertama pada kecelakaan. Ada perbandingan pengetahuan siswa menggunakan pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan metode audiovisual (0,003), sehingga metode ceramah lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan pada siswa dibandingkan metode audiovisual. Kesimpulan: Ada perbedaan antara pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode ceramah dan metode audiovisual.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: PEMBIMBING I: Ns. Endiyono, S.Kep., M.Kep PEMBIMBING II: Ns. Ida Susilowati, S.Kep., M.M
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pertolongan Pertama pada Kecelakaan, Metode Ceramah, Audiovisual
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Novia Marantika
Date Deposited: 11 Jul 2017 08:35
Last Modified: 11 Jul 2017 08:35
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2561

Actions (login required)

View Item View Item