UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DEKORATIF SEDERHANA PADA KELOMPOK A PAUD ANAK SHOLEH KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012-2013

MULYANA, ILVA DWI (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DEKORATIF SEDERHANA PADA KELOMPOK A PAUD ANAK SHOLEH KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012-2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ILVA DWI MULYANA_PAUD'13.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ILVA DWI MULYANA_PAUD'13.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ILVA DWI MULYANA_PAUD'13.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ILVA DWI MULYANA_PAUD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
BAB IV_ILVA DWI MULYANA_PAUD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] Text
BAB V_ILVA DWI MULYANA_PAUD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ILVA DWI MULYANA_PAUD'13.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ILVA DWI MULYANA_PAUD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus siswa melalui kegiatan menggambar dekoratif sederhana pada siswa kelompok A PAUD Anak Sholeh Purwokerto semester genap tahun ajaran 2012-2013. Motorik halus adalah kemampuan anak beraktivitas dengan menggunakan otot-otot halus (kecil) seperti menulis, meremas, menggenggam, menggambar, menyusun balok dan memasukan kelereng. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yaitu masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subyek penelitian ini terdiri dari 20 siswa yaitu 10 putradan 10 putri yang dilaksanakan di PAUD Anak Sholeh Purwokerto Timur. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis deskriptif dilakukan terhadap prosentase ketuntasan belajar siswa sebesar 75%. Hasil penelitian selama dua siklus menunjukan peningkatan. Hasil ini dibuktikan dengan data studi awal, 5% atau 1 siswa yang kemampuan motorik halusnya berkembang sangat baik, 25% atau 5 siswa yang kemampuan motorik halusnya berkembang sesuai harapan, 50% atau 10 siswa yang kemampuan motorik halusnya mulai berkembang dan 20% atau 4 siswa yang kemampuan motorik halusnya belum berkembang. Pada siklus I, 20% atau 4 siswa yang kemampuan motorik halusnya berkembang sangat baik, 30% atau 6 siswa yang kemampuan motorik halusnya berkembang sesuai harapan, 40% atau 8 siswa yang kemampuan motorik halusnya mulai berkembang, dan 10% atau 2 siswa yang kemampuan motorik halusnya belum berkembang. Pada siklus II, 45% atau 9 siswa yang kemampuan motorik halusnya berkembang sangat baik, 50% atau 10 siswa yang kemampuan motorik halusnya berkembang sesuai harapan, 5% atau 1 siswa yang kemampuan motorik halusnya mulai berkembang. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 19 anak atau 95%. Sehingga penelitian ini dikatakan berhasil sesuai dengan nilai ketuntasan Nana Sudjana. Sedangkan 1 siswa atau 5% yang baru mulai berkembang peneliti berkolaborasi dengan guru untuk memberikan perhatian khusus kepada 1 siswa tersebut dan lebih sering mengajak mereka untuk menggambar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Johni Dimyati, MM, dan Melati Ismi Hapsari, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan motorik halus, menggambar dekoratif sederhana
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 10 Jul 2017 03:24
Last Modified: 10 Jul 2017 03:24
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2508

Actions (login required)

View Item View Item