UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI MAKNA KESATUAN WILAYAH INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V SDN 01 SARADAN

HERLINA, TRI BUDI (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI MAKNA KESATUAN WILAYAH INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V SDN 01 SARADAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_TRI BUDI HERLINA_PGSD'13.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_TRI BUDI HERLINA_PGSD'13.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_TRI BUDI HERLINA_PGSD'13.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text
BAB III_TRI BUDI HERLINA_PGSD'13.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text
BAB IV_TRI BUDI HERLINA_PGSD'13.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_TRI BUDI HERLINA_PGSD'13.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_TRI BUDI HERLINA_PGSD'13.pdf

Download (617kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar PKn melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match siswa kelas V di SD Negeri 01 Saradan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Saradan berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan waktunya 2 x 35 menit. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data motivasi siswa peneliti menggunakan lembar angket. Untuk memperoleh data prestasi belajar siswa dalam penelitian ini menggunakan tes evaluasi setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata motivasi tiap siswa adalah 41,59 pada siklus I dengan kriteria termotivasi, siklus II sebesar 58,41 dengan kriteria sangat termotivasi. Sedangkan Prestasi belajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 71,85 dengan ketuntasan klasikal sebesar 74,07% dan pada siklus II rata-rata mencapai 82,22 dengan ketuntasan klasikal sebesar 96,29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn siswa kelas V SDN 01 Saradan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Drs. Pamujo, MM., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar PKn, motivasi, pembelajaran kooperatif tipe make a match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 05 Jul 2017 02:22
Last Modified: 19 Aug 2024 03:24
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2240

Actions (login required)

View Item View Item