ALFIANA, FENTI (2015) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BINANGUN PADA MATERI BILANGAN BULAT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER_FENTI ALFIANA_MATEMATIKA'15.pdf Download (33MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_FENTI ALFIANA_MATEMATIKA'15.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_FENTI ALFIANA_MATEMATIKA'15.pdf Download (567kB) | Preview |
|
Text
BAB III_FENTI ALFIANA_MATEMATIKA'15.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
||
Text
BAB IV_FENTI ALFIANA_MATEMATIKA'15.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
||
Text
BAB V_FENTI ALFIANA_MATEMATIKA'15.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_FENTI ALFIANA_MATEMATIKA'15.pdf Download (545kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN_FENTI ALFIANA_MATEMATIKA'15.pdf Restricted to Registered users only Download (27MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Binangun pada materi Bilangan Bulat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini siswa dikelompokan kedalam tiga kategori, yaitu siswa kemampuan pemahaman konsep matematis tinggi, sedang dan rendah. Masingmasing kelompok dipilih dua siswa untuk keperluan wawancara. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata setiap indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII A adalah 53% dengan persentase tertinggi 64% dan persentase terendah 41%. Siswa berkemampuan pemahaman konsep matematis tinggi memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang baik dan dapat menjawab soal dengan tepat. Siswa berkemampuan pemahaman konsep matematis sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis cukup baik namun kadang masih kurang teliti dalam menjawab soal. Sedangkan untuk siswa berkemampuan pemahaman konsep matematis rendah tidak memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang baik dan tidak menguasai materi bilangan bulat.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Kusno,M.Pd, dan Reny Amalia, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Bilangan Bulat, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 05 Jul 2017 01:26 |
Last Modified: | 21 May 2024 03:40 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2228 |
Actions (login required)
View Item |