UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MELALUIPENERAPAN MODEL UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MELALUIPENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS V SDN KARANGLO

TIAS,, AYUNI CAHYANING (2016) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MELALUIPENERAPAN MODEL UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MELALUIPENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS V SDN KARANGLO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (827kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Kerjasama dan prestasi belajar kelas V SD Negeri Karanglo masih rendah, dapat dilihat dari nilai Ulangan Tengah Semester (UTS) masih belum tuntas mencapai KKM, dan dapat dilihat juga ketika siswa menyimpulkan suatu masalah pada saat berdiskusi kelompok belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa di kelas V SD Negeri Karanglo, pada mata pelajaran IPS materi Peristiwa Sekitar Proklamasi. Kerjasama menurut Lie (2005: 88) yaitu “kecak apan atau kesanggupan seseorang untuk bersikap positif, dan mendukung suatu kegiatan yang dilakukan bersama oleh anggota organisasi yang memiliki keahlian komplementer yang secara bersama-sama melibatkan diri untuk mencapai tujuan bersama” , dan prestasi belajar menurut Hamdani (2011: 137) yaitu “suatu kegiatan yang dikerjakan, diciptakan, baik secara individual maupun kelompok”. Pembelajaran dalam penelitian melalui model kooperatif tipe Two Stay Two Stray . Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Karanglo dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila kerjasama siswa meningkat ketuntasan kerjasama siswa sekurang-kurangnya 85%, dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Karanglo pada materi Peristiwa Sekitar Proklamasi, nilai rata-ratanya dan ketuntasan siswa yang m endapatkan nilai KKM > 65 sekurang-kurangnya 85%. Hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: Pembelajaran model kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kerjasama siswa. Hal ini ditunjukan pada siklus I diperoleh nilai rata -rata 30,70 dengan kriteria kerjasa ma cukup baik. Pada siklus II diperoleh nilai rata -rata 33,05 de ngan kriteria kerjasama baik. P ersentase ketuntasan kerjasama siswa pada siklus I 75% dan pada siklus II 85%. Pembelajaran model kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukan adanya peningkatan rata -rata nilai pada siklus I sebesar 66 dan siklus I I sebesar 79. P ersentase prestasi belajar siswa pada siklus I 60% dan siklus II sebesar 85%. Kesimpulannya bahwa pembelajaran model kooperatif tipe Tw o Stay Two Stray dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi pada siswa kelas V SD Negeri Karanglo

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Supriatna, M.Pd. dan Dr. Ana Andirani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kerjasama, prestasi belajar, model kooperatif tipe Two Stay Two Stray, IPS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 07 Jun 2017 02:09
Last Modified: 07 Jun 2017 02:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2101

Actions (login required)

View Item View Item