PENINGKATAN TOLERANSIDAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYADI INDONESIA MELALUI TEKNIK TURNAMEN BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI KELAS V SD NEGERI 1 KLAHANG

SHARADEA, HAYUNTA (2013) PENINGKATAN TOLERANSIDAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYADI INDONESIA MELALUI TEKNIK TURNAMEN BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI KELAS V SD NEGERI 1 KLAHANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL_Hayunta Sharadea.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Hayunta Sharadea.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Hayunta Sharadea.pdf

Download (764kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Hayunta Sharadea.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_Hayunta Sharadea.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_Hayunta Sharadea.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Hayunta Sharadea.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Masalah dari penelitian ini berawal dari rendahnya sikap toleransi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap toleransi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Teknik Turnamen Belajar dengan menggunakan media flashcard. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Klahang yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes/evaluasi, lembar observasi guru dan siswa, serta angket sikap toleransi, analisis datanya deskriptif kualitatif dipersentasekan. Indikator dalam penelitian ini apabila terjadi peningkatan rata-rata individu diatas 64 dengan ketuntasan 85% dan peningkatan pada sikap toleransi dengan persentase 80%. Hasil penelitian menunjukkan teknikturnamen belajar dan media flashcard dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap toleransi siswa pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata tes/evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siklus I yaitu 67,6 dan persentase ketuntasan 68%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 74 dengan persentase ketuntasan 88%. Selain itu peningkatan sikap toleransi dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil angket pada siklus I diperoleh rata-rata 32,4 dengan persentase 81% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 33 dengan persentase 82,5%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Toleransi, Teknik Turnamen Belajar, Flashcard, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 17 Nov 2016 01:09
Last Modified: 17 Nov 2016 01:09
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item View Item