WIDHIANA, ISNA (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA DENGAN STRATEGI LISTENING TEAM MATERI MENGENAL PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI DI KELAS IV SD NEGERI 1 RANCAMAYA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Isna Widhiana_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Isna Widhiana_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Isna Widhiana_BAB I.pdf]
Preview
Text
Isna Widhiana_BAB I.pdf

Download (686kB) | Preview
[thumbnail of Isna Widhiana_BAB II.pdf]
Preview
Text
Isna Widhiana_BAB II.pdf

Download (776kB) | Preview
[thumbnail of Isna Widhiana_BAB III.pdf] Text
Isna Widhiana_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[thumbnail of Isna Widhiana_BAB IV.pdf] Text
Isna Widhiana_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Isna Widhiana_BAB V.pdf] Text
Isna Widhiana_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[thumbnail of Isna Widhiana_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Isna Widhiana_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (615kB) | Preview
[thumbnail of Isna Widhiana_LAMPIRAN.pdf] Text
Isna Widhiana_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta meningkatkan sikap percaya diri siswa melalui strategi listening team. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Rancamaya sebanyak 34 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar soal evaluasi, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan lembar skala sikap percaya diri. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh hasil bahwa penerapan strategi pempelajaran listening team dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di SD Negeri 1 Rancamaya. Hal ini ditunjukan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan 44,11% dan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan 82,35%. Selain itu, hasil dari skor rata-rata lembar pengamatan aktivitas guru mengalami peningkatan yang ditunjukan pada siklus I diperoleh skor rata-rata 2,82 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 3,7 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan hasil dari lembar pengamatan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yang ditunjukan pada siklus I diperoleh skor rata-rata 3,12 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 3,42 dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini juga meningkatkan sikap percaya diri siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangn teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi ditunjukan pada siklus I diperoleh skor rata-rata 2,46 dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 3,29 dengan kriteria baik. Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut, bahwa pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi menggunakan strategi listening team terbukti berhasil meningkatkan prestasi belajar dan sikap percaya diri siswa.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Aji Heru Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Sikap Percaya Diri, IPS, Strategi Listening Team
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 04 May 2017 02:23
Last Modified: 04 May 2017 02:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1801

Actions (login required)

View Item View Item