UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DI SD NEGERI 3 BANJARPARAKAN

SAPUTRI, HANA CATUR (2013) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DI SD NEGERI 3 BANJARPARAKAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL_Hana Catur S..pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Hana Catur S..pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Hana Catur S..pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Hana Catur S..pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[img] Text
BAB IV_Hana Catur S..pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[img] Text
BAB V_Hana Catur S..pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Hana Catur S..pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_Hana Catur S..pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa dikelas V SD Negeri 3 Banjarparakan Kecamatan Rawalo pada proses pembelajaran mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahap pelaksanaan tindakan kelas ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata untuk tanggung jawab siklus I adalah 36,60 dengan kriteria sedang, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 39,13 dengan kriteria tanggung jawab tinggi. Untuk hasil prestasi belajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 66,81 (76%), dan siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 75,45 (100%). Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Banjarparakan pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Drs. Enuh Zainuddin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, Model Kooperatif Tipe TPS, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 10 Nov 2016 03:59
Last Modified: 10 Nov 2016 03:59
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item