AJI, MUHAMMAD QOMARUDDIN (2017) DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI OPTIMISME SISWA KELAS VIII A SMP N 1 AJIBARANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Muhammad Qomaruddin Aji_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Muhammad Qomaruddin Aji_JUDUL.pdf

Download (21MB) | Preview
[thumbnail of Muhammad Qomaruddin Aji_BAB I.pdf]
Preview
Text
Muhammad Qomaruddin Aji_BAB I.pdf

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of Muhammad Qomaruddin Aji_BAB II.pdf]
Preview
Text
Muhammad Qomaruddin Aji_BAB II.pdf

Download (619kB) | Preview
[thumbnail of Muhammad Qomaruddin Aji_BAB III.pdf] Text
Muhammad Qomaruddin Aji_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[thumbnail of Muhammad Qomaruddin Aji_BAB IV.pdf] Text
Muhammad Qomaruddin Aji_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Muhammad Qomaruddin Aji_BAB V.pdf] Text
Muhammad Qomaruddin Aji_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[thumbnail of Muhammad Qomaruddin Aji_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Muhammad Qomaruddin Aji_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (531kB) | Preview
[thumbnail of Muhammad Qomaruddin Aji_LAMPIRAN.pdf] Text
Muhammad Qomaruddin Aji_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah
matematis ditinjau dari optimisme siswa kelas VIII A SMP N 1 Ajibarang. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa dari kelas VIII A. Siswa dikelompokkan ke dalam tiga kategori, yaitu
siswa optimisme tinggi, sedang dan rendah. Masing – masing kategori optimisme
dipilih 3 responden. Pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Siswa yang memiliki optimisme tinggi mampu
memenuhi semua tahapan pemecahan masalah matematis (2) Siswa yang memiliki
optimisme sedang hanya mampu memahami masalah jika masalah yang diberikan
tidak menuntut siswa untuk menyajikan masalah kedalam bentuk gambar.
Selanjutnya, siswa mampu membuat strategi pemecahan masalah dan
melaksanakannya dengan baik. Adapun pada tahap terakhir, siswa belum
melakukan pemeriksaan terhadap proses dan hasil yang diperoleh (3) Siswa yang
memiliki optimisme rendah hanya mampu memahami masalah jika masalah yang
diberikan tidak menuntut siswa untuk menyajikan masalah kedalam bentuk gambar.
Selanjutnya, siswa mampu membuat strategi pemecahan masalah yang sesuai.
Adapun yang terakhir, siswa belum mampu melaksanakan strategi dengan baik dan
belum melakukan pemeriksaan terhadap proses dan hasil yang diperoleh.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Optimisme
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 22 Apr 2017 03:07
Last Modified: 22 Apr 2017 03:07
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item View Item