Pengaruh Pembelajaran Hybrid Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Sarjana Keperawatan Di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Rahmawati, . (2022) Pengaruh Pembelajaran Hybrid Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Sarjana Keperawatan Di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Rahmawati_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rahmawati_BAB I.pdf

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rahmawati_BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Rahmawati_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Rahmawati_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)
[img] Text
Rahmawati_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
[img]
Preview
Text
Rahmawati_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (952kB) | Preview
[img] Text
Rahmawati_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia mengakibatkan pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh. Dimana kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara keseluruhan melalui online tanpa tatap muka. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Selama pembelajaran jarak jauh berlangsung mahasiswa mengeluhkan banyak kendala yang dialami. Seiring berjalannya waktu pembelajaran jarak jauh dialihkan menjadi pembelajaran hybrid yang menggabungkan pembelajaran online dengan tatap muka. Maka diperlukan evaluasi terkait tingkat kepuasan mahasiswa dengan pembelajaran hybrid. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran hybrid terhadap tingkat kepuasan mahasiswa. Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan Angkatan 2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel 60 responden. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji spearman rank. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 50% responden menyatakan pembelajaran hybrid terlaksana dengan baik, sedangkan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran hybrid dalam kategori tidak puas sebanyak 34 responden (56,7%). Analisis dengan Spearman Rho menunjukkan ada pengaruh pembelajaran hybrid dengan tingkat kepuasan mahasiswa dengan p value sebesar 0, 034 (>0,05). Kesimpulan: Terdapat pengaruh pembelajaran hybrid terhadap tingkat kepuasan mahasiswa, dari hasil tersebut disarankan bagi sektor pendidikan untuk memberikan pembelajaran yang menarik perhatian bagi mahasiswa guna mendorong kualitas pendidikan yang bermutu.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing : Sri Suparti, S.Kep.,M.Kep.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hybrid, mahasiswa, kepuasan, pembelajaran.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Roni Purwantoro
Date Deposited: 16 Feb 2024 03:37
Last Modified: 16 Feb 2024 03:37
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/16381

Actions (login required)

View Item View Item