Hubungan Pengetahuan Kesehatan Gigi Mulut dengan Pola Jajan dan Perilaku Merawat Gigi Mulut pada Usia Anak Sekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Pejawaran 1

Safitri, Dewi (2022) Hubungan Pengetahuan Kesehatan Gigi Mulut dengan Pola Jajan dan Perilaku Merawat Gigi Mulut pada Usia Anak Sekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Pejawaran 1. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Dewi Safitri_COVER.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dewi Safitri_BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dewi Safitri_BAB II.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
Dewi Safitri_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
Dewi Safitri_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
Dewi Safitri_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
Dewi Safitri_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
Dewi Safitri_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: The Global Burden of Disease Study 2016 menyatakan 3,58 milyar jiwa di dunia memiliki masalah kesehatan gigi mulut terutama karies. Sebanyak 57,6% penduduk Indonesia bermasalah pada kesehatan gigi mulut dan baru 10,2% yang mendapatkan perawatan. Berdasarkan kelompok umur proporsi terbesar masalah kesehatan gigi mulut adalah kelompok usia anak sekolah 5-9 tahun. Data dari profil kesehatan Kabupaten Banjarnegara tahun 2020 berdasarkan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, Puskesmas Pejawaran 1 menduduki tingkat pertama dengan jumlah siswa terbanyak yang belum mendapatkan perawatan gigi mulut. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan kesehatan gigi mulut dengan pola jajan dan perilaku merawat gigi mulut pada usia anak sekolah di wilayah kerja Puskesmas Pejawaran 1. Metode: Jenis penelitian ini adalah observational analitik dengan pendekatan cross sectional. Sempel penelitian ini siswa kelas 1 SD yang kesehatan gigi mulutnya memerlukan perawatan terutama karies gigi. Pengambilan sempel dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan responden sebanyak 63 siswa. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan kesehatan gigi mulut dalam kategori buruk sebanyak 34 responden (54,0%), pola jajan siswa dalam kategori buruk sebanyak 50 responden (79,0%) dan perilaku dalam kategori positif sebanyak 38 responden (60,3%). Hasil uji statistik chi square di peroleh p value 0,135 dan 0,074 dimana > 0,005 sehingga Ho di diterima. Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara pengetahuan kesehatan gigi mulut dengan pola jajan dan perilaku merawat gigi mulut pada usia anak sekolah di wilayah kerja Puskesmas Pejawaran 1. Hal tersebut di karenakan hasil dari pembentukan perilaku tidak hanya di pengaruhi oleh pengetahuan namun sikap,keyakinan,sosila dan pengalaman. Anak usia sekolah secara individu membentuk sikap yang di pengaruhi oleh pengalaman anak baik yang sedang dialami ataupun yang sudah pernah di alami.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Ikhsan Mujahid, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kesehatan gigi mulut, Pengetahuan, Pola Jajan, Perilaku, Usia Anak Sekolah.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Roni Purwantoro
Date Deposited: 02 Feb 2024 01:08
Last Modified: 12 Feb 2024 01:41
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/16328

Actions (login required)

View Item View Item