RAMDANI, MOCH. NURMA DANI (2017) PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI WAHANA PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM MENANGGULANGI DAMPAK MEDIA SOSIAL. S3 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER - MOCH NORMA BANI RAMADANI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I - MOCH NORMA BANI RAMADANI.pdf Download (607kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II - MOCH NORMA BANI RAMADANI.pdf Download (669kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III - MOCH NORMA BANI RAMADANI.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
![]() |
Text
BAB IV - MOCH NORMA BANI RAMADANI.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA. - MOCH NORMA BANI RAMADANI.pdf Download (526kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN - MOCH NORMA BANI RAMADANI.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) |
Abstract
Era globalisasi di tandai dengan kemajuan dalam berbagai bidang,
termasuk salah satunya
dalam bidang informasi khususnya internet. Fasilitas
internet yang sedang terjadi
viral
di dalam kehidupan masyarakat adalah
maraknya pengguna media sosial. J
enis yang paling banyak digunakan adalah
facebook
, yang
cukup
menjamur dikalangan siswa di sekolah.
facebook
memiliki
manfaat bagi siswa dalam berkomunikasi dan berinteraksi akan tetapi
facebook
juga dapat berdampak negatif bagi siswa,
untuk itu dibutuhkan peran sebagai
wahana pembentukan karakter dalam menanggulangi dampak media sosial
facebook
. salah satunya melalui pendidikan kewarganegaraan. Oleh karena itu
Penelitian ini bertujuan u
ntuk mengetahui
: (1)
Peran Pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan sebagai pembentukan karakter dalam menanggulangi dampak
media sosial di SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto, (2) Kendala Yang Dihadapi
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pembent
ukan
Karakter Dalam Menanggulangi Dampak Faceboo
k (3)
Upaya yang dil
akukan
guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk dapat mengatasi
dampak
facebook
dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus
. Tehnik pengumpulan
data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, studi literatur. Berdasarkan hasil
penelitian, maka diperoleh kesimpulan
antara lain
(1)
Peran pembelajaran
pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sangat pen
ting dalam menanggulangi
dampak yang dihasilkan oleh media sosial
facebook
, hal ini terbukti dengan
menggunakan tujuan, materi pembelajaran, metode dan strategi pembelajaran,
media dan evaluasi yang baik menjadikan siswa tidak terpengaruh terhadap
dampak
yang dihasilkan
facebook
, (2) kendala yang dihadapi pembelajaran
pendidikan kewarganegaraan pada saat dikelas adalah menurunnya motivasi
belajar siswa karena lebih sering didominasi oleh pengguna
facebook
pada saat
setiap jam pelajaran, sehingga siswa menjadi tidak fokus dalam mempelajari
setiap materi pendidikan kewarganegaraan (
3)
upaya yang dilakukan guru dalam
pembelajaran pendidikan kewarganegaraan adalah dengan menggunakan
model,media, dan sumber-
sumber belajar yang bervariatif serta melalui pemberian
keteladanan. Sehingga diharapkan dampak negatif
facebook
dapat di minimalisir
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (S3) |
Additional Information: | 1.Drs. Banani Ma’mur, M.Si 2.Elly Hasan Sadeli, S.Pd |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran pendidikan kewarganegaraan , pembentukan karakter, faceboo |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S1 |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 01:29 |
Last Modified: | 15 Apr 2017 00:42 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |