PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 KLAMPOK KECAMATAN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ATS, MAULANA MUH ISMAIL IKMAL (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 KLAMPOK KECAMATAN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover MAULANA MUH ISMAIL IKMAL ATS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I MAULANA MUH ISMAIL IKMAL ATS.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II MAULANA MUH ISMAIL IKMAL ATS.pdf

Download (659kB) | Preview
[img] Text
Bab III MAULANA MUH ISMAIL IKMAL ATS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
Bab IV MAULANA MUH ISMAIL IKMAL ATS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text
Bab V MAULANA MUH ISMAIL IKMAL ATS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img]
Preview
Text
Dapus MAULANA MUH ISMAIL IKMAL ATS.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
Lampiran MAULANA MUH ISMAIL IKMAL ATS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Di masa pandemi saat ini, walaupun diterapkan study from home, bukan berarti peserta didik jauh dari upaya perusakan karakter, moral, ataupun akhlak. Perusakan karakter ini bisa terjadi dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Untuk itulah, meski dalam kondisi saat ini, nilai-nilai keislaman harus tetap ditanamkan kepada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai keislaman siswa pada masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Klampok Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara beserta kendala yang dihadapinya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis data kualitatif, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian serta analisisnya, penelitian ini menyimpulkan bahwa Pertama, penanaman nilai-nilai keislaman selama masa pandemi Covid-19 dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan kerjasama yang erat antara guru dan orangtua dalam mengisi Check List Lembar Kegiatan Amaliyah Siswa. Nilai-nilai yang ditanamkan kepada siswa meliputi nilai ibadah, nilai keimanan, dan nilai akhlak. Sedangkan metode-metode yang digunakan oleh guru dalam proses penanaman nilai-nilai keislaman selama pandemi Covid-19, adalah metode praktik, metode bimbingan dan metode hafalan. Kedua, Kendala yang dihadapi dalam penanaman nilai-nilai keislaman pada siswa selama masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Klampok berupa; keterlambatan siswa dalam mengikuti pembelajaran online, lemahnya kontrol dari orang tua, fasilitas yang digunakan siswa, serta motivasi siswa itu sendiri. Kendala lain, guru tidak bisa memantau secara langsung siswa dalam pembelajaran online. Siswa juga banyak yang melakukan kecurangan saat mengerjakan tugas/ujian. Kendala terakhir yang dirasakan oleh guru yaitu, siswa tidak berupaya untuk mengetahui lebih dalam materi dalam pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai-Nilai Keislaman, Covid-19, Guru PAI.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: wulan
Date Deposited: 22 Nov 2022 06:25
Last Modified: 13 Jun 2024 03:44
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/14925

Actions (login required)

View Item View Item