KHASANAH, NOVITA NUR (2020) PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA PPPI MIFTAHUSSALAM BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
![]() |
Text
Cover NOVITANURKHASANAH_1606010033.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab I NOVITANURKHASANAH_1606010033-2.pdf Download (893kB) |
![]() |
Text
Bab II NOVITANURKHASANAH_1606010033-3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab III NOVITANURKHASANAH_1606010033-4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab IV NOVITANURKHASANAH_1606010033-5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab V NOVITANURKHASANAH_1606010033-6.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka NOVITANURKHASANAH_1606010033-7.pdf Download (961kB) |
![]() |
Text
Lampiran NOVITANURKHASANAH_1606010033-8.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MA PPPI Miftahussalam Banyumas Tahun Pelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif yakni penelitian yang menggunakan rumus-rumus statistik. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X-IPA yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis statistik rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara metode diskusi dengan hasil belajar siswa kelas X pada pembelajaran Akidah Akhlak di MA PPPI Miftahussalam Banyumas tahun pelajaran 2019/2020. Hal tersebut diperoleh dari hasil rxy sebesar 0,133 yang kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,344, maka, rxy lebih kecil dari rtabel (0,133<0,344). Sedangkan pada taraf signifikan 1% sebesar 0,442, maka, rxy lebih kecil dari rtabel (0,133<0,442). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Selanjutnya hasil rxy sebesar 0,133 terletak pada interpretasi nilai r antara 0,00-0,20 dimana variabel X dan variabel Y terdapat pengaruh, akan tetapi pengaruh itu sangat lemah atau sangat rendah.
Dosen Pembimbing: | Zakiyah | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Uncontrolled Keywords: | Metode Diskusi, Pembelajaran Akidah Akhlak, Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Agus Imam |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 03:21 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 06:34 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/13354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |