ANALISIS KESULITAN MENGHAFAL AYAT ALQURAN PADA SISWA MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

DARMANTO, FEBRI (2021) ANALISIS KESULITAN MENGHAFAL AYAT ALQURAN PADA SISWA MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img] Text
FEBRI DARMANTO_Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FEBRI DARMANTO_BAB 1.pdf

Download (706kB)
[img] Text
FEBRI DARMANTO_BAB 2.pdf

Download (743kB)
[img] Text
FEBRI DARMANTO_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
FEBRI DARMANTO_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
FEBRI DARMANTO_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
FEBRI DARMANTO_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FEBRI DARMANTO_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan menghafal ayat Alquran dan solusinya pada siswa MI Istiqomah Sambas Purbalingga tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian guru, serta siswa/siswi di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Metode pengumpulan data berupa metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Langkah-langkah analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menghafal Alquran di MI Istiqomah Sambas Purbalingga merupakan program unggulan untuk mencetak lulusan yang mampu menghafal Alquran minimal 5 juz. Kesulitan menghafal ayat Alquran yang dialami siswa/siswi MI Istiqomah Sambas Pubalingga disebabkan oleh: Faktor internal: kurangnya motivasi, sulit membedakan ayat-ayat yang kembar atau mirip, belum bisa membaca Alquran dengan benar atau tartil, malas murajaah hafalan, kemampuan atau IQ dari siswa atau penghafal. Faktor eksternal: orang tua yang kurang mendukung proses menghafal Alquran siswa, kondisi lingkungan yang kurang kondusif, pengaruh teman sebaya, rasio antara guru dan murid yang tidak seimbang. Solusi yang diberikan, memberikan motivasi kepada siswa/siswi, mengadakan les membaca Alquran, memberikan clue atau kata kunci untuk ayat-ayat yang mirip, koordinasi dengan orang tua siswa untuk membantu proses menghafal Alquran, membagi siswa/siswi menjadi beberapa kelompok agar mudah diawasi, mencari tempat yang kondusif untuk menghafal Alquran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Menghafal Alquran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: wulan
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:11
Last Modified: 20 Jul 2022 01:11
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/12716

Actions (login required)

View Item View Item