NURHAYATI, NOVI EKA (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH JATILAWANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
![]() |
Text
NOVI EKA NURHAYATI_Cover.pdf Download (991kB) |
![]() |
Text
NOVI EKA NURHAYATI_BAB 1.pdf Download (685kB) |
![]() |
Text
NOVI EKA NURHAYATI_BAB 2.pdf Download (793kB) |
![]() |
Text
NOVI EKA NURHAYATI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
![]() |
Text
NOVI EKA NURHAYATI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) |
![]() |
Text
NOVI EKA NURHAYATI_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
![]() |
Text
NOVI EKA NURHAYATI_Daftar Pustaka.pdf Download (681kB) |
![]() |
Text
NOVI EKA NURHAYATI_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan
saintifik dalam pembelajaran Fiqih kelas VIII di SMP Muhammadiyah Jatilawang
Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif kualitatif. pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyatakan bahwa di SMP Muhammadiyah Jatilawang
telah melaksanakan pembelajaran fiqih sesuai dengan kurikulum 2013 dengan
menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik dimulai dengan tahap
persiapan, proses pembelajaran, dan tahap penilaian. Tetapi, di SMP
Muhammadiyah Jatilawang pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik
masih bertahap karena masih terkendala oleh beberapa siswa yang belum aktif
untuk bertanya sehingga pembelajaran dengan penerapan pendekatan saintifik
belum optimal.
Kendala dalam proses pembelajaran pendekatan saintifik di SMP
Muhammadiyah Jatilawang yaitu kurangnya keaktifan siswa dalam bertanya dan
mengkomunikasikan materi pada saat proses pembelajaran dan kurangnya sumber
belajar seperti buku, karena masih terbatas hanya menggunakan LKS (Lembar
Kerja Siswa), kemampuan siswa, sarana internet, dan kurangnya guru dalam
mengimplementasikan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Fiqih.
Dosen Pembimbing: | HASAN, IBNU | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Fiqih |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | wulan |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 04:24 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 06:29 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/11942 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |