IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH JATILAWANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NURHAYATI, NOVI EKA (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH JATILAWANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img] Text
NOVI EKA NURHAYATI_Cover.pdf

Download (991kB)
[img] Text
NOVI EKA NURHAYATI_BAB 1.pdf

Download (685kB)
[img] Text
NOVI EKA NURHAYATI_BAB 2.pdf

Download (793kB)
[img] Text
NOVI EKA NURHAYATI_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
NOVI EKA NURHAYATI_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text
NOVI EKA NURHAYATI_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
NOVI EKA NURHAYATI_Daftar Pustaka.pdf

Download (681kB)
[img] Text
NOVI EKA NURHAYATI_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Fiqih kelas VIII di SMP Muhammadiyah Jatilawang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa di SMP Muhammadiyah Jatilawang telah melaksanakan pembelajaran fiqih sesuai dengan kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik dimulai dengan tahap persiapan, proses pembelajaran, dan tahap penilaian. Tetapi, di SMP Muhammadiyah Jatilawang pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik masih bertahap karena masih terkendala oleh beberapa siswa yang belum aktif untuk bertanya sehingga pembelajaran dengan penerapan pendekatan saintifik belum optimal. Kendala dalam proses pembelajaran pendekatan saintifik di SMP Muhammadiyah Jatilawang yaitu kurangnya keaktifan siswa dalam bertanya dan mengkomunikasikan materi pada saat proses pembelajaran dan kurangnya sumber belajar seperti buku, karena masih terbatas hanya menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa), kemampuan siswa, sarana internet, dan kurangnya guru dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Fiqih
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: wulan
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:24
Last Modified: 09 Jun 2022 04:24
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/11942

Actions (login required)

View Item View Item