FORESTIASARI,, RAHMATIKA (2017) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR INTUITIF DALAM MATEMATIKA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (580kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (713kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (680kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir intuitif
dalam matematika ditinjau dari prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Banyumas.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan
model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIII F SMP Negeri 1 Banyumas. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok
berdasarkan prestasi, yaitu kelompok prestasi tinggi, sedang, dan rendah. Masingmasing
kelompok dipilih tiga responden menggunakan teknik purposive
sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) siswa kelompok
prestasi tinggi menggunakan kemampuan berpikir intuitifnya berdasarkan
pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya sehingga mampu memahami dan
menjawab soal dengan tepat; (2) siswa kelompok prestasi sedang dalam
menjawab soal menggunakan argumen yang sifatnya memaksa dan menolak
sesuatu yang tidak sesuai dengan pengetahuannya, sehingga dalam menjawab soal
terkadang salah; (3) siswa kelompok prestasi rendah menggunakan kemampuan
berpikir intuitifnya hanya berdasarkan keyakinan yang dimilikinya, sehingga tidak
mampu memberikan alasan yang logis dalam menjawab.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Jazuli, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Berpikir Intuitif, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2017 00:58
Last Modified: 31 Jul 2024 02:59
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item View Item