ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS III SD NEGERI MENGKOWO KEBUMEN PADA ERA COVID-19

ARUM, MEGA (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS III SD NEGERI MENGKOWO KEBUMEN PADA ERA COVID-19. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MEGA ARUM_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MEGA ARUM_BAB 1.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MEGA ARUM_BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
MEGA ARUM_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
MEGA ARUM_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[img] Text
MEGA ARUM_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img]
Preview
Text
MEGA ARUM_Daftar Pustaka.pdf

Download (816kB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini sedang mengalami kendala akibat adanya pandemi Covid- 19 atau lebih dikenal dengan sebutan virus corona. Pandemi Covid-19 berpengaruh besar terhadap berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. Pendidikan di Indonesia menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di kala pandemi Covid-19 untuk menghindari penularan yang lebih luas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Mengkowo Kebumen dengan judul penelitian “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Muatan Pelajaran Matematika Pembelajaran Jarak Jauh di Kelas III SD Negeri Mengkowo Pada Era Covid-19.” Partisipan penelitian yaitu guru kelas III dan siswa kelas III yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar Matematika yang dialami siswa selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dan upaya yang telah dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar Matematika yang dialami siswa Penelitian menggunakan penelitian kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan beberapa tahap yaitu mengelola dan mempersiapkan data, membaca keseluruan data, mengcoding data, menerapkan proses coding dalam tema-tema yang dianalisis, kemudian deskripsikan tema-tema dan menginterpretasikan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini bahwa kesulitan belajar Matematika saat PJJ yang dialami siswa yaitu kesulitan memahami materi karena penyampaian materi yang diberikan guru tidak maksimal. Kesulitan dalam memecahkan soal permasalahan Matematika yang banyak dialami siswa sehingga memperoleh hasil belajar yang rendah. Siswa juga mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal operasi hitung karena siswa belum memahami konsep berhitung dengan baik. Upaya yang telah dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dengan cara dengan memberikan motivasi setiap saat di grup whatsapp, selalu terbuka apabila siswa bertanya dan siap untuk membantunya serta memberikan latihan soal-soal untuk bahan belajar di rumah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Matematika, Siswa SD, Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: wulan
Date Deposited: 30 Mar 2022 07:10
Last Modified: 12 Jun 2024 02:00
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/11245

Actions (login required)

View Item View Item