KUSUMA, INTAN PRAMIDA (2017) DESKRIPSI PROSES BERPIKIR SISWA KELAS VIII DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (577kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (803kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (495kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa kelas
VIII dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field
dependent dan field independent. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP
Negeri 6 Purwokerto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan subyek dalam
penelitian ini menggunakan group embedded figure test untuk mengetahui gaya
kognitif subyek apakah masuk kedalam kategori gaya kognitif field dependent
atau field independent dengan mengambil 3 siswa untuk masing – masing gaya
kognitif. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data (data
reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field independent
lebih teliti dalam memecahkan masalah matematika, dan cenderung mengalami
proses berpikir akomodasi dalam tahap memahami masalah cenderung berpikir
asimilasi akomodasi dalam tahap merencanakan masalah, mengalami proses
berpikir asimilasi akomodasi dalam melaksanakan strategi yang telah
direncanakan, dan mengalami proses berpikir asimilasi akomodasi dalam
memeriksa kembali.Siswa dengan gaya kognitif field independent . Siswa dengan
gaya kognitif field dependent cenderung mengalami proses berpikir asimilasi
akomodasi dalam memahami masalah, asimilasi dalam merencanakan masalah,
asimilasi dalam melaksanakan strategi pemecahan masalah, dan mengalami
proses berpikir asimilasi bahkan cenderung tidak mengalami proses berpikir
asimilasi akomodasi dalam memeriksa kembali.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | proses berpikir asimilasi akomodasi, gaya kognititf field dependent field independent . |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 22 Mar 2017 00:54 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 02:25 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |