HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN ORANG TUA TENTANG PEMBELAJARAN DARING DENGAN PENGETAHUAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SLBN BANJARNEGARA

HANGGRAENI, TIYAS BUDI (2021) HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN ORANG TUA TENTANG PEMBELAJARAN DARING DENGAN PENGETAHUAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SLBN BANJARNEGARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Tiyas Budi Hanggraeni COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tiyas Budi Hanggraeni BAB I.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tiyas Budi Hanggraeni BAB II.pdf

Download (912kB) | Preview
[img] Text
Tiyas Budi Hanggraeni BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] Text
Tiyas Budi Hanggraeni BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
Tiyas Budi Hanggraeni BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img]
Preview
Text
Tiyas Budi Hanggraeni DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text
Tiyas Budi Hanggraeni LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang Pandemi covid-19 di Indonesia berdampak pada berbagai bidang, terutama bidang pendidikan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil kebijakan untuk pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan dari rumah atau secara daring (Pujilestari, 2020). Kondisi yang demikian, menimbulkan berbagai reaksi dari orang tua yang menimbulkan perasaan cemas, beberapa orang tua dengan anak yang berkebutuhan khusus khawatir akan pengetahuan dan kelanjutan pendidikan anak mereka. Tujuan penelitian Untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan orang tua tentang pembelajaran daring dengan pengetahuan anak berkebutuhan khusus pada masa pandemi covid-19 di SLBN Banjarnegara. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelilitian ini adalah orang tua anak berkebutuhan khusus di SLBN Banjarnegara dengan jumlah 65 responden dengan metode cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecemasan orang tua dengan adanya pembelajaran daring di SLBN Banjarnegara sebagian besar dalam kategori ringan sebanyak 33 responden (50,8%). Pengetahuan anak berkebutuhan khusus pada saat pandemi covid-19 sebagian besar dalam kategori kurang sebanyak 59 responden (90,8%). Hasil analisis dengan chi square didapatkan p value 0,02 (p <0,05). Kesimpulan terdapat hubungan tingkat kecemasan orang tua tentang pembelajaran daring dengan pengetahuan anak berkebutuhan khusus pada masa pandemi covid-19 di SLBN Banjarnegara. Saran orang tua dapat menciptakan suatu metode pembelajaran baru agar anak lebih tertarik untuk belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: PEMBIMBING: Ns. Atika Dhiah Anggraeni, M.Kep.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kecemasan orang tua, pembelajaran daring, pengetahuan ABK
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Novia Marantika
Date Deposited: 11 Mar 2022 01:19
Last Modified: 11 Mar 2022 01:19
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/10905

Actions (login required)

View Item View Item