ARDIYANI, LUCYTA (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI RUPA DALAM MENGGAMBAR MELALUI HURUF ABJAD MENGGUNAKAN VIDEO DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

[thumbnail of LUCYTA ARDIYANI_COVER.pdf]
Preview
Text
LUCYTA ARDIYANI_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LUCYTA ARDIYANI_BAB I.pdf]
Preview
Text
LUCYTA ARDIYANI_BAB I.pdf

Download (824kB) | Preview
[thumbnail of LUCYTA ARDIYANI_BAB II.pdf]
Preview
Text
LUCYTA ARDIYANI_BAB II.pdf

Download (994kB) | Preview
[thumbnail of LUCYTA ARDIYANI_BAB III.pdf] Text
LUCYTA ARDIYANI_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of LUCYTA ARDIYANI_BAB IV.pdf] Text
LUCYTA ARDIYANI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of LUCYTA ARDIYANI_BAB V.pdf] Text
LUCYTA ARDIYANI_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[thumbnail of LUCYTA ARDIYANI_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
LUCYTA ARDIYANI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LUCYTA ARDIYANI_LAMPIRAN .pdf] Text
LUCYTA ARDIYANI_LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar yang diharapkan khususnya dalam pembelajaran SBK mencakup
tiga aspek yaitu, aspek kognitif, aspek psikomotor, dan juga aspek afektif.
Permasalahan mengenai hasil belajar seni rupa dalam menggambar di kelas V SD
Negeri 2 Sokaraja Kulon. Hasil belajar mencakup aspek kognitif, afektif dan
psikomotor siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK melalui pembelajaran melalui huruf
abjad dan menggunakan video dalam meningkatkan hasil belajar seni rupa khususnya
menggambar. Jenis penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Setiap
siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan empat tahap yaitu perencanaan (planning),
pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Pada
aspek kognitif dapat dibuktikan dengan hasil lembar penilaian evaluasi siswa serta ide
yang telah dituangkan siswa untuk membuat gambar, dan untuk aspek afektif dapat
dibuktikan dengan lembar afektif siswa, aspek psikomotor dibuktikan dengan proses
dan juga hasil gambar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes
berupa tes formatif dalam bentuk uraian. Data hasil penelitian dianalisis dengan
menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pada mata pelajaran
SBK dengan melalui huruf abjad dan menggunakan video menunjukkan adanya
peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Hasil belajar aspek kognitif siklus I
ke siklus II peningkatan sebesar 10% Yaitu dari 75%menjadi 85%, hasil belajar aspek
afektif mengalami kenaikan skor rata-rata dari siklus I sebesar 2,76 menjadi 3,28
hasil belajar aspek psikomotor juga mengalami kenaikan yang terjadi sebesar 2,74
menjadi 3,27 dapat disimpulkan bahwa melalui huruf abjad dan video dapat
meningkatkan hasil belajar seni rupa dalam menggambar pada aspek kognitif, aspek
afektif, dan aspek psikomotor di kelas V SD Negeri 2 Sokaraja Kulon Kecamatan
Sokaraja Kabupaten Banyumas.

Dosen Pembimbing: Harmianto, Sri and Mareza, Lia | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Huruf abjad, Seni Budaya dan Keterampilan (SBK), Video pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Amri Hariri
Date Deposited: 03 Aug 2021 02:24
Last Modified: 11 Jun 2024 03:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10373

Actions (login required)

View Item View Item