ASTUTI, ANISA TRI (2020) HUBUNGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DENGAN PENGAMALAN SILA KETUHANAN YANG MAHA ESA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SOKARAJA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
Anisa Tri Astuti_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Anisa Tri Astuti_BAB I.pdf Download (656kB) | Preview |
|
|
Text
Anisa Tri Astuti_BAB II.pdf Download (711kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Anisa Tri Astuti_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) |
|
![]() |
Text
Anisa Tri Astuti_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (748kB) |
|
![]() |
Text
Anisa Tri Astuti_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
|
|
Text
Anisa Tri Astuti_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (578kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Anisa Tri Astuti_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan pengamalan sila Ketuhanan Yang Maha Esa peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Sokaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Jumlah sampel penelitian terdiri dari 97 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa angket yang disebarkan kepada peserta didik kelas VIII dan dokumentasi. Analisis data dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas, uji regresi linear sederhana, dan korelasi product moment. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS Versi 25. Berdasarkan perhitungan dengan korelasi product moment diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,027. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan pengamalan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Sokaraja. Kemudian besar korelasi antara variabel pembelajaran PPKn dengan pengamalan sila Ketuhanan Yang Maha Esa peserta didik kelas VIII ialah sebesar 0,225 menunjukan hubungan yang rendah. Sedangkan pengaruh pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap pengamalan sila Ketuhanan Yang Maha Esa peserta didik kelas VIII sebesar 5,1%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Prof. H. Tukiran Taniredja, S.Pd., M.M. dan Eko Priyanto, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | PPKn, Pengamalan Ketuhanan Yang Maha Esa |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 25 Sep 2020 03:02 |
Last Modified: | 25 Sep 2020 03:02 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/10147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |