1 PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

NURFERSIAWATI,, NIHAYAH (2013) 1 PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NIHAYAH NURFERSIAWATI .... COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIHAYAH NURFERSIAWATI .... BAB I.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIHAYAH NURFERSIAWATI .... BAB II.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIHAYAH NURFERSIAWATI .... BAB III.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIHAYAH NURFERSIAWATI.... BAB IV.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIHAYAH NURFERSIAWATI .... BAB V.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIHAYAH NURFERSIAWATI .... DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIHAYAH NURFERSIAWATI .... LAMPIRAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul pengaruh kemampuan pemahaman terhadap hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konstruktivisme pada sis wa Kelas VIII SMP Negeri 8 Purwokerto Tahun Pelajaran 2012/2013 , telah dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Pela jaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemaham an konsep IPA terhadap hasil belajar menggu nakan pembelajaran konstruktivisme. Metode yang digunakan ini adalah metode eksperimen . Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII dengan teknik pengambilan sample secara cluster r andom sampling . Teknik analisis data menggunakan uji Korelasi Product M oment (r xy ) dan dilanjutkan uji t untuk mengetahui tingkat signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman siswa meliputi kemampuan menemukan objek biologi, mendeskripsikan, menjelaskan, mengintepretasikan (memaknai), menguasai materi, mendiskusikan, menyampaikan pertanyaan, menyampaikan sanggahan, menghubungkan konsep, dan menyimpulkan menunjukkan bahwa adanya korelasi yang signifikan pada semua kemampuan, tetapi tingkat hubungannya bervariasi . Keadaan tersebut mempengaruhi hasi l belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata -rata nilai post -test mencapai 84,53 , sedangkan pada kelas kontrol sebesar 64,25. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman siswa berpengaruh terhadap hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran konstruktivisme pada sis wa Kelas VIII SMP Negeri 8 Purwokerto Tahun Pelajaran 2012/2013 .

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: TEGUH JULIANTO, S.Pd., M.Si drh. Cahyono, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemahaman, Konsep IPA, Konstruktivisme, Pembelajaran, Hasil belajar
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Kasto .
Date Deposited: 04 Dec 2017 01:53
Last Modified: 04 Dec 2017 01:53
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5847

Actions (login required)

View Item View Item