PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BRUNER DI KELAS V SEKOLAH DASAR

KURNIAWAN, AGUS (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BRUNER DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Agus JUDUL.pdf

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Agus BAB I.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Agus BAB II.pdf

Download (826kB) | Preview
[img] Text
Agus BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Agus BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Agus BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img]
Preview
Text
Agus DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (610kB) | Preview

Abstract

Kondisi faktual di sekolah menunjukkan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit bagi siswa, sehingga prestasi belajar siswa rendah. Siswa kurang mampu memahami materi mengenai materi bangun datar hal ini dikarenakan banyak faktor, salah satunya bahan ajar yang digunakan tidak menunjang kegiatan proses pembelajaran dan LKPD yang tidak sesuai, sehingga menyebabkan minat siswa dalam mengikuti pelajaran kurang. Berdasarkan kondisi tersebut maka dilakukan pengembangan LKPD penyelesaian soal cerita matematika menggunakan model pembelajaran Bruner pada materi bangun datar di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui kondisi faktual penggunaan LKPD di sekolah dasar kelas V, 2) Mengetahui pengembangan LKPD, 3) Mengetahui tingkat validasi LKPD, 4) Mengetahui pengaruh penggunaan LKPD dalam pembelajaran, 5) Mengetahui respon guru terhadap LKPD, 6) Mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD. Pengembangan pada penelitian ini menggunakan model 4-D dari Thiagarajan yang disederhanakan menjadi 3-D dengan tahapan yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Berdasarkan hasil penelitian, sehingga diperoleh hasil, 1) Kondisi faktual menunjukan bahwa guru hanya membeli LKPD dari penerbit dan LKPD tidak menunjang pembelajaran, sehingga prestasi belajar peserta didik rendah, 2) Pengembangan LKPD menghasilkan LKPD penyelesaian soal cerita matematika materi bangun datar menggunakan model pembelajaran Bruner, 3) LKPD yang telah dikembangkan divalidasi memperoleh hasil 4,85 atau LKPD sangat valid, 4) Perhitungan hasil uji coba menggunakan uji t pihak kanan memperoleh t_hitung≥t_tabel atau 1,7627≥1,684 , sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan SPSS 16,0 juga membuktikan penolakan Ho dengan perolehan nilai signifikasi sebesar 0,033 ≤ 0,05. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka terdapat pengaruh pengunaan LKPD penyelesaian soal cerita matematika materi bangun datar menggunakan model pembelajaran bruner di kelas V sekolah dasar terhadap prestasi belajar peserta didik, 5) Hasil angket respon guru menunjukan respon baik dibuktikan dengan hasil angka sebesar 4,86, 6) Hasil angket respon siswa juga menunjukan respon baik dibuktikan dengan hasil angket respon siswa sebesar 4,58. Mengacu pada hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan LKPD yang baik harus memperhatikan kondisi faktual dilapangan untuk dikembangkan agar menjadi LKPD yang berkualitas melalui validasi ahli dan diuji cobakan di sekolah dasar, sehingga diketahui apakah LKPD tersebut memberikan dampak positif baik bagi guru maupun peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: LKPD, Matematika, Model Pembelajaran Bruner
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 19 Oct 2016 03:23
Last Modified: 19 Oct 2016 03:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item