PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIFPRODUKTIF TERHADAP AKTIVITAS KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI BANYUMAS

FATMANINGTYAS, INDAH NURUL (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIFPRODUKTIF TERHADAP AKTIVITAS KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_INDAH NURUL FATMANINGTYAS_BIOLOGI'17.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_INDAH NURUL FATMANINGTYAS_BIOLOGI'17.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_INDAH NURUL FATMANINGTYAS_BIOLOGI'17.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text
BAB III_INDAH NURUL FATMANINGTYAS_BIOLOGI'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img] Text
BAB IV_INDAH NURUL FATMANINGTYAS_BIOLOGI'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
[img] Text
BAB V_INDAH NURUL FATMANINGTYAS_BIOLOGI'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_INDAH NURUL FATMANINGTYAS_BIOLOGI'17.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_INDAH NURUL FATMANINGTYAS_BIOLOGI'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kreatif-produktif terhadap aktivitas kognitif dan psikomotor pada pembelajaran biologi siswa kelas XI SMA Negeri Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasy eksperimental design. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri Banyumas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Objek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA 3 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 4 (kelas kontrol) SMA Negeri Banyumas. Aktivitas kognitif dan psikomotor dalam penelitian adalah mengamati objek, mengidentifikasi, menafsirkan, menghubungkan, membandingkan, menyajikan data, dan mengkomunikasikan. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan uji komparasi Independent-Samples T Test melalui program SPSS 16.0. Hasil uji korelasi terhadap aktivitas kognitif dan psikomotor dengan nilai posttest menunjukkan hasil signifikansi dan kategori hubungan yang bervariasi. Hasil uji t terhadap aktivitas kognitif dan psikomotor antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kreatif-produktif berpengaruh positif terhadap aktivitas kognitif dan psikomotor siswa kelas XI IPA di SMA Negeri Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Kognitif, Aktivitas Psikomotor, Hasil Belajar, Kreatif- Produktif, Model Pembelajaran
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 17 Apr 2017 04:26
Last Modified: 17 Apr 2017 04:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1651

Actions (login required)

View Item View Item