STRATEGI BELAJAR BERBICARA BAHASA INDONESIA OLEH PEMBELAJAR BIPA DI UNIVERSITAS MUHAMMADYAH PURWOKERTO

ANUGRAHNINGTYAS, LUTHFI ESKAWATI (2019) STRATEGI BELAJAR BERBICARA BAHASA INDONESIA OLEH PEMBELAJAR BIPA DI UNIVERSITAS MUHAMMADYAH PURWOKERTO. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Luthfi Eskawati Anugrahningtyas_JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Luthfi Eskawati Anugrahningtyas_BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Luthfi Eskawati Anugrahningtyas_BAB II.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text
Luthfi Eskawati Anugrahningtyas_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
Luthfi Eskawati Anugrahningtyas_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
Luthfi Eskawati Anugrahningtyas_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img]
Preview
Text
Luthfi Eskawati Anugrahningtyas_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
Luthfi Eskawati Anugrahningtyas_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskriksikan: 1) strategi pembelajar BIPA dalam belajar berbicara bahasa Indonesia, 2) kendala yang dihadapi pembelajar BIPA dalam belajar berbicara bahasa Indonesia, 3) upaya yang dilakukan dalam menghadapi kendala dalam belajar berbicara bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Informan dalam penelitian ini adalah pembelajar BIPA dan pengajar BIPA di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Teknik pemerolehan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskritif dengan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian sebagai berikut: A. Strategi yang diterapkan oleh pembelajar, yaitu 1) strategi belajar kognitif; 2) strategi belajar sosial; 3) strategi belajar memori; 4) strategi belajar metakognitif. B. Kendala yang dihadapi pembelajar, yaitu perbedaan latar belakang budaya, lupa kata-kata, materi pembelajaran, tata bahasa dan pelafalan, dan tidak ada lawan berlatih. C. Upaya yang dilakukan dalam menghadapi kendala belajar berbicara, yaitu 1) mengatasi kendala perbedaan latar belakang budaya, dapat diatasi dengan memberikan materi yang bersinggungan dengan budaya-budaya di Indonesia. 2) mengatasi kendala lupa katakata dapat diatasi dengan banyak berlatih. 3) mengatasi kendala materi pembelajaran, tata bahasa dan pelafalan dapat dilakukan dengan banyak menghapal kata, mencari informasi tambahan melalui buku, internet, teman dan sering berlatih berbicara dengan bahasa Indonesia. Selain itu pengajar juga telah memberikan inovasi dalam strategi belajar di kelas sehingga materi belajar berbicara bahasa Indonesia tidak membosankan dan pembelajar semangat untuk belajar. 4) mengatasi tidak ada lawan berlatih dengan mencari teman dan bertanya pada pengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 17 Apr 2020 02:32
Last Modified: 06 Jun 2024 07:31
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/9961

Actions (login required)

View Item View Item