AINI, IHDA KUROTUL (2019) UPAYA MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU KELAS IV SD NEGERI 2 SOKARAJA KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Ihda Kurotul Aini_JUDUL.pdf Download (988kB) | Preview |
Preview |
Text
Ihda Kurotul Aini_BAB I.pdf Download (206kB) | Preview |
Preview |
Text
Ihda Kurotul Aini_BAB II.pdf Download (321kB) | Preview |
![]() |
Text
Ihda Kurotul Aini_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
![]() |
Text
Ihda Kurotul Aini_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Ihda Kurotul Aini_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
Preview |
Text
Ihda Kurotul Aini_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) | Preview |
![]() |
Text
Ihda Kurotul Aini_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan literasi informasi dan prestasi belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada tema 9 kelas IV SD Negeri 2 Sokaraja Kulon. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik tes dan non tes. Teknik tes meliputi soal evaluasi dan lembar kerja siswa, sedangkan teknik non tes meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar observasi literasi informasi siswa, dan lembar evaluasi belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus dan diuji kevalidan datanya menggunakan triangulasi teknik melalui wawancara, obervasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I literasi informasi siswa memperoleh persentase 57,6% dengan kriteria cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,8% dengan kriteria baik. Peningkatan ini juga didukung oleh hasil observasi literasi informasi siswa dengan persentase siklus I sebesar 66,7% dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 83,7% yang artinya literasi informasi siswa baik. Selanjutnya prestasi belajar siswa juga mendapatkan hasil yang sama, perolehan nilai rata-rata siswa pada siklus I untuk Bahasa Indonesia yaitu 66,7 dengan ketuntasan 63% meningkat pada siklus II menjadi 78,1 dengan ketuntasan 85%, sedangkan untuk perolehan nilai rata-rata IPA pada siklus I yaitu 70 dengan ketuntasan 63% dan meningkat pada siklus II menjadi 82,3 dengan ketuntasan 86%. Berdasarkan data rekapitulasi Penelitian Tindakan Kelas menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan literasi informasi dan prestasi belajar siswa pada tema 9 kelas IV SD Negeri 2 Sokaraja Kulon.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd. dan Badarudin, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Literasi Informasi; Prestasi Belajar; Model Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 17 Apr 2020 02:00 |
Last Modified: | 20 May 2024 03:32 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9960 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |