PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

AZIZAH, ANINDITA RAHMA (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Anindita Rahma Azizah_JUDUL.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Anindita Rahma Azizah_BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Anindita Rahma Azizah_BAB II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text
Anindita Rahma Azizah_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
Anindita Rahma Azizah_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)
[img] Text
Anindita Rahma Azizah_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
Anindita Rahma Azizah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
Anindita Rahma Azizah_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menulis puisi dengan menggunakan pendekatan saintifik berdasar pada hasil analisis kebutuhan guru dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) menurut Dick and Carry(1996)yang dilaksanakan dalam lima tahap penelitian, yaitu analisis, desain, pengambangan, implemntasi, dan evaluasi . Penelitian ini mengembangkan LKPD yang sebelumnya telah digunakan di sekolah untuk lebih fokus mengembangkan keterampilan menulis peserta didik dengan mengacu pada prinsip pembelajaran saintifik. Setelah LKPD dirancang, dan diuji validitas ahli, diperoleh hasil bahwa dari ahli pertama berupa aspek teknik sebanyak 64%, ahli kedua aspek didaktik 60% dan aspek kontruksi 64%. Termasuk dalam kategori kurang layak. Dari hasil tersebut ahli memberikan beberapa saran berbaikan untuk bahan ajar. Sehingga membuat bahan ajar menjadi lebih baik. Hasil validasi tahap kedua oleh ahli pertama aspek teknik 73% dari ahli pertama, aspek didaktis 75% dan dan aspek kontruksi 76%. Sedangkan nilai rata-rata yang diberikan dua guru terhadap LKPD menulis puisi dengan pendektan saintifik dari aspek didaktik yaitu 80%, aspek kontruksi 80%, dan aspek teknik 72% termasuk katagori sangat baik. Hasil validasi dari pengguna yaitu peserta didik, dari segi aspek didaktik 91% aspek kontruksi 87,85%, dan aspek teknik 8,6% dari validasi tersebut menghasilkan kenaikan nilai materi puisi sebesar 4,4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: LKPD; Menulis Puisi; Pendekatan Saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 03 Feb 2020 02:35
Last Modified: 03 Feb 2020 02:35
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9803

Actions (login required)

View Item View Item