FAIZDIAH, RISKIANA (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI MAN 2 BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Riskiana Faizdiah_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Riskiana Faizdiah_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Riskiana Faizdiah_BAB I.pdf]
Preview
Text
Riskiana Faizdiah_BAB I.pdf

Download (626kB) | Preview
[thumbnail of Riskiana Faizdiah_BAB II.pdf]
Preview
Text
Riskiana Faizdiah_BAB II.pdf

Download (653kB) | Preview
[thumbnail of Riskiana Faizdiah_BAB III.pdf] Text
Riskiana Faizdiah_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[thumbnail of Riskiana Faizdiah_BAB IV.pdf] Text
Riskiana Faizdiah_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[thumbnail of Riskiana Faizdiah_BAB V.pdf] Text
Riskiana Faizdiah_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[thumbnail of Riskiana Faizdiah_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Riskiana Faizdiah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (762kB) | Preview
[thumbnail of Riskiana Faizdiah_LAMPIRAN.pdf] Text
Riskiana Faizdiah_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan schoology terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI pada materi sistem pencernaan makanan di MAN 2 Banyumas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen (Quasi Experimental Design). Sampel yang digunakan terdiri atas dua kelas, kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan teknik cluster random sampling. Kelas kontrol menggunakan model discovery learning dan kelas eksperimen menggunakan model discovery learning berbantuan schoology. Instrumen yang digunakkan adalah tes tertulis berupa pretest dan posttest. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Mann Whitney, Uji-t, dan Uji Eta. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, Uji Mann Whitney diperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0,840 > 0,05 maka Ho diterima yang artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai pretest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada Uji-t menggunakan Independent Sample t-Test diperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0,016 < 0,05 maka Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara model discovery learning dengan model discovery learning berbantuan schoology terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Pada Uji Eta diperoleh nilai korelasi sebesar 0,311 yang artinya model discovery learning berbantuan schoology hubungan/pengaruh lemah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Arum Adita, S.Pd., M.Pd. dan Drh. Cahyono Purbomartono, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning; Schoology; Berpikir Kreatif
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 11 Jan 2020 00:22
Last Modified: 08 Jul 2024 08:17
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9777

Actions (login required)

View Item View Item