FAIZDIAH, RISKIANA (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI MAN 2 BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Riskiana Faizdiah_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Riskiana Faizdiah_BAB I.pdf Download (626kB) | Preview |
Preview |
Text
Riskiana Faizdiah_BAB II.pdf Download (653kB) | Preview |
![]() |
Text
Riskiana Faizdiah_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) |
![]() |
Text
Riskiana Faizdiah_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (922kB) |
![]() |
Text
Riskiana Faizdiah_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
Preview |
Text
Riskiana Faizdiah_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (762kB) | Preview |
![]() |
Text
Riskiana Faizdiah_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan schoology terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI pada materi sistem pencernaan makanan di MAN 2 Banyumas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen (Quasi Experimental Design). Sampel yang digunakan terdiri atas dua kelas, kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan teknik cluster random sampling. Kelas kontrol menggunakan model discovery learning dan kelas eksperimen menggunakan model discovery learning berbantuan schoology. Instrumen yang digunakkan adalah tes tertulis berupa pretest dan posttest. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Mann Whitney, Uji-t, dan Uji Eta. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, Uji Mann Whitney diperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0,840 > 0,05 maka Ho diterima yang artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai pretest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada Uji-t menggunakan Independent Sample t-Test diperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0,016 < 0,05 maka Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara model discovery learning dengan model discovery learning berbantuan schoology terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Pada Uji Eta diperoleh nilai korelasi sebesar 0,311 yang artinya model discovery learning berbantuan schoology hubungan/pengaruh lemah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Arum Adita, S.Pd., M.Pd. dan Drh. Cahyono Purbomartono, M.Sc. |
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning; Schoology; Berpikir Kreatif |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 11 Jan 2020 00:22 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 08:17 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |