ANUGRAHANI, SURYA (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (677kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (804kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (715kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
discovery learning terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan
psikomotor sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen
dengan desain Non equivalent (Pre-Test and Post-Test) Control Group Design.
Subyek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 1 Bogangin, dengan jumlah
siswa sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Tes
berupa soal kognitif pilihan ganda pretest dan posttest yang digunakan untuk
mengetahui hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotor sebelum dan
sesudah diberikan perlakuan. Non tes berupa lembar angket untuk mengetahui
respon yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dalam bidang afektif.
Analisis data menggunakan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian
menunjukkan: (1) Hasil uji hipotesis pertama diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu
2,230 > 1,685 sehingga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa
ranah kognitif pada siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery
learning. (2) Hasil uji hipotesis kedua diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,192 >
1,685 sehingga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa ranah
afektif pada siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning. (3)
Hasil uji hipotesis ketiga diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,373 > 1,685 sehingga
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa ranah psikomotor pada
siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Aji Heru Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: discovery learning, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:44
Last Modified: 06 Jun 2024 07:34
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9771

Actions (login required)

View Item View Item